Kerupuk Singkong dari Kota Mojokerto Tembus Pasar Timur Tengah

Kerupuk Singkong dari Kota Mojokerto Tembus Pasar Timur Tengah Arik Agustiani saat memamerkan produk kerupuk singkong miliknya yang sukses menembus pasar Timur Tengah. Foto: ROCHMAT SAIFUL ARIS/BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Produk UMKM berupa bermerek yang dibangun sejak 2005 dari Kota Mojokerto berhasil menembus pasar Timur Tengah. Pemilik camilan tradisional itu ialah Arik Agustiani (52).

Ia menjelaskan, produk tersebut bermula dari pemikirannya untuk membantu ekonomi rumah tangga jika sang suami tidak bisa bekerja lagi. Mendapat dukungan dari pasangan hidup, mereka ingin membuat jajanan khas Kota Mojokerto dengan cita rasa tersendiri.

Awalnya, dia aktif mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan yang diadakan oleh Badan Pemberdayaan Perempuan Masyarakat Kota Mojokerto. Setelah menerima ilmu dari sana, Arik ingin berinovasi mengenai proses pembuatan, mencetak bahan, dan cita rasanya.

Lalu, dia mulai produksi dengan menitipkan di warung-warung kecil dan pasar-pasar yang ada di Kota Mojokerto. Dengan berjalannya waktu, camilan tradisional buatannya dapat diterima dan digemari masyarakat luas hingga menembus pasar Timur Tengah, yakni Qatar. 

"Dulu, awalnya saya membuka toko kelontong. Sejak menjamurnya minimarket, toko saya menjadi sepi. Setelah saya mengikuti pelatihan pembuatan dari BPM, di situ saya langsung beralih usaha dengan memproduksi dan memasarkan sendiri ," ujarnya saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Jumat (24/2/2023).

"Untuk menghasilkan rasa dengan sensasi yang enak dan gurih, saya menggali masukan dari hasil produksi dengan membagi-bagikannya ke sanak keluarga, tetangga, dan para pekerja pabrik. Setelah menerima berbagai masukan, saya memproduksi lagi dan baru dipasarkan," paparnya menambahkan.

Wanita yang tergabung dalam IPM3 (Ikatan Pengusaha Makanan dan Minuman Kota Mojokerto) ini, juga memberdayakan tetangga sekitar untuk direkut sebagai karyawan pada 2009. Dia memproduksi dengan 2 macam, yaitu matang dan mentah. 

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO