Hasil Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar hingga Anies di Jawa Timur

Hasil Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar hingga Anies di Jawa Timur Prabowo Subianto bersama Gubernur Khofifah saat berada di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menjelang , Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) memaparkan hasil survei elektabilitas calon presiden di Jawa Timur. Hasilnya, Subianto masih tertinggi dibandingkan calon lainnya.

" masih teratas soal elektabilitas capres di Jatim. kedua dan Anies Baswedan ketiga," kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, di Surabaya, Jumat (24/2/2023).

Ia menjelaskan, elektabilitas Menteri Pertahanan itu berada di angka 19,4 persen, lalu disusul Gubernur Jawa Tengah dengan 17,6 persen, dan Anies Baswedan 15,7 persen. Menurut dia, elektabilitas Ganjar menurun karena PDIP belum menentukan sikap untuk pesta demokrasi mendatang.

"Sementara itu, dan Anies sudah deklarasi akan maju capres. Bedanya, sudah diingat oleh masyarakat Jatim, sedangkan Anies ini kan masih baru kalau di Jatim," tuturnya.

Hal lain yang membuat tetap teratas karena beberapa waktu lalu bertemu para ulama di Jawa Timur.

"Kita ingat beberapa bulan lalu, Pak bertemu para ulama khos Jatim. Dan itu manuver yang cukup berpengaruh, mengingat pemilih dari kalangan Nahdliyin cukup dominan di Jatim," urai Baihaki.

Selain itu, nama Khofifah Indar Parawansa juga melengkapi posisi 4 besar lantaran masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur. Survei ARCI dilakukan pada 9 Februari 2023-17 Februari 2023 menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah 1.200 responden dan margin of error sebesar 2,8 persen, serta tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO