Dapat Mandat dari Kepala Desa di Bangkalan, Cak Imin: InsyaAllah akan Saya Perjuangkan

Dapat Mandat dari Kepala Desa di Bangkalan, Cak Imin: InsyaAllah akan Saya Perjuangkan Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, saat menerima mandat dari kepala desa di Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum DPP , Abdul Muhaimin Iskandar, menerima mandat dari kepala desa di untuk maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024, Minggu (26/2/2023).

"Ini merupakan mandat yang InsyaAllah akan saya perjuangkan. Apa yang sudah disampaikan kawan-kawan kepala desa ini akan kami pertimbangkan serta membantu apa yang disampaikan," kata , sapaan akrab pria yang juga menjabat sebagai Wakil DPR RI itu.

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemerintah desa, yaitu harus mampu menggunakan alokasi anggaran desa secara akuntabel, dan pelaksanaan pembangunan desa harus mengedepankan pastisipasi, serta harus ada sistem kontrol yang berjalan dengan efektif," paparnya menambahkan.

Tak hanya itu, ia turut menyampaikan soal wacana penambahan masa jabatan dan pengurangan periode kepala desa. Menurut dia, hal tersebut merupakan bagian dari penyempurnaan yang dilakukan pemerintah.

"Kami sudah bertemu dengan pemerintah dan fraksi-fraksi, semuanya sudah sepakat. Tinggal menunggu waktu yang tepat. Mereka sepakat bukan karena takut didemo, tapi atas dasar efektivitas," tuturnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris AKD , Jayus Salam, mengapresiasi niat dalam menyapa dan mendengarkan kepala desa di . Pihaknya juga memuji rencana peningkatan alokasi dana desa (ADD).

“ADD yang ada saat ini sekitar Rp1 miliar per desa setiap tahun, ini terlalu kecil untuk memajukan pembangunan di desa. Seharusnya pemerintah bisa mengalokasikan Rp5 miliar dari APBN untuk memakmurkan desa,” ucapnya.

“Kami juga berharap, bisa memperjuangkan aspirasi kami kepala desa untuk memperpanjang masa jabatan 6 tahun menjadi 9 tahun. Sehingga kepala desa yang bertugas dapat menjalankan tugas dengan lebih maksimal,” pungkasnya. (fat/mil/uzi/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO