Forda Jatim, Gubernur Khofifah Optimis Olahraga Rekreasi Jadi Penguat Kearifan Lokal Bumi Majapahit

Forda Jatim, Gubernur Khofifah Optimis Olahraga Rekreasi Jadi Penguat Kearifan Lokal Bumi Majapahit Gubernur Khofifah saat membuka gelaran Forda Jatim di Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gubernur mendukung penuh Festival Olahraga Masyarakat Daerah (Forda) yang diikuti 2.200 penggiat olahraga masyarakat. Menurut dia, kegiatan tersebut akan menjadi wadah pemersatu keberagaman, kearifan lokal, dan berbagai tradisi yang menjadi bagian dari kekayaan budaya Bumi Majapahit.

"Setiap ajang pertemuan kearifan budaya seperti ini mari kita jadikan sebagai momentum untuk menguatkan tradisi di masing-masing daerah agar bisa terus ditumbuhkembangkan dengan berbagai format," ujarnya saat membuka ajang yang melombakan 109 jenis olahraga itu di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri , Sabtu (27/5/2023).

memaparkan, dalam Forda diperlombakan jenis olahraga yang telah tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah sejak lama. Jenis olahraga yang berangkat dari tradisi lokal ini sebagian juga telah berkembang menjadi olahraga modern yang digemari masyarakat. Ia pun yakin bahwa olahraga rekreasi yang dilombakan akan menguatkan nilai kearifan lokal.

"Ini waktunya kita memanggil memori masyarakat bahwa ada permainan tradisional dan olahraga tradisional yang bersifat rekreatif dan bisa membahagiakan, menyehatkan, sekaligus membangun sportivitas di antara kita semua," lanjutnya.

pun menekankan bahwa beberapa jenis olahraga belum tentu dikenali oleh semua peserta. Sebab, hal tersebut merupakan tradisi khas dari suatu daerah tertentu. Karena itu, Forda juga menjadi sarana untuk memperkenalkan kembali olahraga rekreasi yang berasal dari kekayaan tradisi lokal.

"Ini wadah bagi kita untuk terus mengenalkan kekayaan budaya, tradisi tak benda. Dimana pun memungkinkan untuk dikenalkan, maka kenalkan, dimana dimungkinkan untuk ditunjukkan, sosialisasilan. Dimana memungkinkan untuk dikembangkan, maka kembangkanlah," ajaknya.

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO