40 PCNU dari 44 PCNU se-Jawa Timur Menolak AHWA dalam Musker PWNU Jatim

40 PCNU dari 44 PCNU se-Jawa Timur Menolak AHWA dalam Musker PWNU Jatim Ilustrasi. Suasana launching Muktamar NU ke-33 di kantor PWNU Jawa Timur. Foto: suarasurabaya.net

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Upaya Pengurus Wilayah Nahdtul Ulama (PWNU) Jawa Timur untuk mengegolkan pemilihan Rais Am PBNU lewat sistem Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA) tampaknya kandas. Mayoritas Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur yang hadir dalam Musyawarah Kerja Wilayah (Musker) PWNU Jawa Timur menolak AHWA diberlakukan pada Muktamar NU ke-33 pada 1-5 Agustus 2015 mendatang. Acara Musker PWNU itu berlangsung Sabtu (13/06/2015) di kantor PWNU Jawa Timur.

”99,9 persen menolak AHWA,” tutur Ketua PCNU Kota Kediri Dr KH Ahmad Subakir kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (13/06/2015). Ketika diwawancarai BANGSAONLINE.com Kiai Subakir bersama rombongan dalam perjalangan pulang dari Musker menuju Kota Kediri.

Menurut Kiai Subakir, penolakan PCNU terhadap AHWA itu disampaikan dalam berbagai gaya bahasa. ”Ada yang halus, ada yang kasar dan ada yang tegas. Mereka menolak AHWA dengan berbagai argumentasi. Tapi intinya mereka minta kembali kepada AD/ART saja. Dalam AD/ART pasal 41 kan sudah jelas,” kata Kiai Subakir sembari menuturkan bahwa dirinya kebetulan masuk komisi organisasi dalam Musker tersebut.

”Saya bicara nomor 2. Intinya mereka menolak AHWA dan 70 persen mereka minta kembali ke AD/ART,” katanya lagi. Jadi dari 70 persen yang menolak AHWA alasannya sangat simple yaitu kembali saja AD/ART, sedang sisanya menolak AHWA dengan berbagai alasan.

Ketika ditanya apakah saat PCNU menolak AHWA itu disaksikan para pengurus PWNU Jawa Timur, termasuk Rais Syuriah PWNU Jawa Timur KH Miftahul Akhyar, Kiai Subakir mengiyakan. ”Ya, beliau datang ke rapat komisi organisasi (yang membahas AHWA-red) 30 menit sebelum rapat ditutup. Beliau tahu ketika PCNU menolak. Karena waktu beliau berada dalam rapat itu penolakan dari PCNU terus berlangsung,” kata Kiai Ahmad Subakir sembari mengatakan bahwa Kiai Miftahul Akhyar sempat menyaksikan sikap PCNU yang bicara kelima dari sekian PCNU yang memberi pandangan tentang AHWA. ”Kalau gak nomor 5 nomor 6,” katanya.

Bahkan, menurut Kiai Subakir, ketika Kiai Miftahul Akhyar berada dalam rapat komisi itu, ada PCNU yang menolak AHWA secara tegas. ”Rapatnya dipimpin Pak Sholeh Hayat (Wakil Ketua PWNU Jatim-red),” jelas Kiai Subakir.

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO