Kisah Generasi ke-3 Wirausaha Bakso di Surabaya, Bunda Cindy Tetap Pertahankan Resep Keluarga

Kisah Generasi ke-3 Wirausaha Bakso di Surabaya, Bunda Cindy Tetap Pertahankan Resep Keluarga Bunda Cindy alias Bucin, pelaku UMKM kuliner bakso khas Solo-Wonogiri di Surabaya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bakso adalah makanan atau kuliner yang familiar di negeri ini. Bakso yang konon berasal dari Tiongkok menjadi makanan favorit di nusantara. Makanan ini kerap disajikan dengan kombinasi kuah, mie, bihun, tauge, sawi dengan tambahan saos dan kecap

Di nusantara, makanan yang berasal dari olahan daging dan tepung ini identik dengan daerah tertentu, seperti Solo dan Wonogiri, Jawa Tengah. Ada juga varian dari daerah Malang, Jawa Timur.

Bunda Cindy adalah salah satu pelaku di . Perempuan yang akrab disapa Bucin ini sudah 7 tahun berjualan frozen secara online. Ia meneruskan resep milik keluarga. Bakso buatannya memperhatikan kualitas, tekstur dan higienis dengan komposisi 90 persen daging.

"Saya ini berasal dari keluarga pedagang . Nenek dan bapak saya adalah pedagang di Jakarta. Mereka mensuplai banyak pedagang gerobak. Jadi saya adalah generasi ketiga keluarga pedagang ," tutur perempuan asal Wonogiri ini, Selasa (6/6/2023).

Bucin menjelaskan, meski dirinya bermodal resep keluarga tapi ia mengkombinasi resep itu dengan sejumlah tambahan dan modifikasi. Proses itu ia peroleh melalui sejumlah kursus dan uji coba berkali-kali.

Ia sempat mengikuti kursus dengan biaya yang cukup mahal di masa itu, Rp4 juta untuk dua hari kursus. Bahkan ia pernah mendatangkan chef hotel berbintang untuk menilai buatannya.

"Saat ini, saya sudah mendapat resep yang pakem. Ini merupakan resep keluarga yang sudah dikombinasi. Bahan dan prosesnya pun halal. Tentunya juga menyesuaikan lidah dan selera orang , karena saya berusaha di kawasan Wiyung, ," katanya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO