Kaukus Muda NU Prihatin Kiai Usulkan Diri Sendiri Jadi Anggota AHWA

Kaukus Muda NU Prihatin Kiai Usulkan Diri Sendiri Jadi Anggota AHWA Presiden Jokowi berpamitan kepada Kyai Habib Lutfi bin Yahya saat hendak meninggalkan acara Munas Alim Ulama NU di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (14/6). foto merdeka

BANGSAONLINE.com - Kaukus Muda NU Jombang meminta elit struktural PBNU tidak ‘menjebak’ kiai sepuh dengan mengadakan pertemuan untuk mendukung sistem Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) dalam pemilihan Rais Aam Syuriah PBNU dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, pada 1-5 Agustus mendatang.

"Mereka kan sudah masuk dalam sirkuit kepentingan elit PBNU untuk menerapkan AHWA di Muktamar NU,” kata M. Shodiqin, Koordinator Kaukus Muda NU Jombang, Minggu (14/6/2015).

Shodiqin menanggapi pertemuan kiai sepuh di Pondok Pesantren Lirboyo, Kamis (11/6/2015) lalu. KH Anwar Iskandar, juru bicara pertemuan, menyatakan para kiai itu mendukung penerapan sistem AHWA. “Kalau tidak disetujui di pemilihan ketua, minimal syuriah,” ujar Kiai Anwar Iskandar yang populer sebagai politsi PKNU.

Pertemuan forum kiai di Lirboyo dihadiri KH Anwar Manshur, KH Kafabihi Mahrus dan KH Habibuloh Zaini selaku tuan rumah; KH Zainudin Dzazuli dan KH Nurul Huda dari Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri; KH Mas Subadar dan KH Idris Hamid dari Pasuruan, KH Miftahul Ahyar dari Surabaya, serta KH Anwar Iskandar dari Pesantren Al Amin, Ngasinan, Kediri.

Yang membuat orang bertanya-tanya, menurut Shodiqin, para kiai itu mengusulkan diantara mereka sendiri sebagai anggota formatur atau AHWA. Diantaranya, KH Anwar Manshur (Lirboyo), KH Mas Subadar (politisi PKNU), KH Miftahul Ahyar (Rais Syuriah PWNU Jatim), dan KH Mustofa Bisri (pejabat Rais Am PBNU), KH Maimun Zubair (tokoh PPP).

"Kita sebagai anak muda di NU yang ta'dzim kepada para kiai tentu saja menangis membaca berita hasil pertemuan di Kediri tersebut," ujarnya.

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO