Prodi AP Umsida Gelar Seminar Nasional Mengawal Demokrasi

Prodi AP Umsida Gelar Seminar Nasional Mengawal Demokrasi Para narasumber dan moderator dalam seminar nasional yang digelar Prodi AP Umsida.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Prodi Administrasi Publik (AP) Universitas (Umsida) menggelar seminar nasional bertajuk 'Indonesia Memanggil!! Pemuda Mengawal Demokrasi, Suaramu Menentukan Indonesiamu', Jumat (23/6/2023).

Kegiatan ini menghadirkan Rahmat Muhajirin (anggota Komisi II) dan Yuni Lestari (Dosen Prodi Administrasi Negara, Unesa) sebagai narasumber dan dihadiri seluruh mahasiswa Prodi AP Umsida.

Hendra Sukmana selaku ketua pelaksana kegiatan seminar nasional mengatakan bahwa tujuan dari agenda tersebut ialah agar para mahasiswa lebih pro-aktif dalam pemilu dan mengawal tegaknya demokrasi. Sebab, implikasi dari setiap pemilu adalah regulasi yang diciptakan dari aktor politik.

"Jika apatis terhadap pemilu jangan berharap kebijakan akan pro dengan rakyat. Pemuda itu penggerak politik dan garda terdepan dalam pembangunan bangsa. Diharapkan kedepannya dapat berkolaborasi dengan baik antara DPR, birokrat, dan akademisi yang pada ujungnya mendapati sebuah kebijakan yang pro rakyat," paparnya.

Selain itu, Ilmi Usrotin Choiriyah selaku Moderator dalam kesempatan ini membuka gelaran acara dengan pernyataan bahwa pemilu menjadi sarana kedaulatan rakyat dan pemuda wajib sebagai subjek yang mengawasi pemilu.

Sehingga, lanjut Ilmi, dapat sesuai asas pemilu diantaranya langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil).

"Diharapkan momentum 2024 dapat menjadikan pemuda memiliki peran yang besar sehingga demokrasi Indonesia kedepannya masih memiliki harapan," kata Ilmi.

Narasumber utama dalam gelaran kegiatan kali ini, yakni Anggota DPR-RI Rahmat Muhajirin menyebut, melalui demokrasi yang telah dianut oleh bangsa Indonesia sejak dulu, masyarakat dapat membangun sistem melalui demokrasi yang baik.

"Demokrasi kita adalah demokrasi Pancasila, dengan melalui musyawarah dan gotong royong. Pemilu ini juga sebagai melegitimasi pemerintah yang sah. Tidak dapat dipungkiri, hidup kita tidak lepas dari kebijakan politik dan putusan politik," Ujar Rahmat Muhajirin

Anggota Komisi II DPR-RI tersebut mengajak seluruh masyarakat khususnya yang hadir dalam seminar kali ini untuk ikut mendukung pesta demokrasi siapapun yang akan terpilih nanti dalam Pemilu 2024.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO