PWI Kediri Gelar UKW Angkatan ke-48 dan 49

PWI Kediri Gelar UKW Angkatan ke-48 dan 49 Joko Tetuko, Komisi Kompetensi PWI Pusat, saat memberi sambutan dan sekaligus membuka acara UKW PWI Kediri Angkatan 48 dan 49. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kediri menggelar (uji kompetensi wartawan) angkatan ke-48 dan 49 di Kampus UNP PGRI Kediri, Jumat 24 Juni dan Sabtu 25 Juni 2023.

diikuti 44 wartawan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Seperti dari Jember, Bangkalan, Mojokerto, Jombang, Sidoarjo, Surabaya, Nganjuk, dan Kediri sendiri.

Bambang Iswahyudi, Ketua PWI Kediri, mengatakan kali ini yang paling banyak pesertanya sehingga 2 angkatan dijadikan satu, yaitu angkatan ke-48 dan 49.

Menurut Bambang, untuk bisa mengikuti kali ini, para peserta harus mengikuti seleksi administrasi yang panjang dan berjenjang, sampai ke tingkat dan Dewan Pers.

"Terkait pembagian kategori kelas, ada 5 kelas, yaitu kategori wartawan muda (wartawan di lapangan), 2 kelas wartawan madya (setingkat redaktur) dan 1 kelas wartawan utama (tingkat pimred)," kata Bambang, Sabtu (24/6/2023).

Untuk tim penguji mendatangnkan dari , PWI Jatim, PWI Jateng, dan PWI Yogyakarta. Para penguji didampingi oleh asisten penguji dan menyertakan penguji magang.

"Dari ke 44 peserta tersebut dibagi menjadi 4 peserta jenjang utama, 12 peserta jenjang madya, dan 28 peserta dari jenjang muda," tutup Bambang.

Sementara itu, Joko Tetuko, yang menjabat sebagai Komisi Kompetensi , mengatakan wartawan yang berkompeten sangat dibutuhkan. Terlebih di era euforia medsos saat ini yang banyak juga beredar berita-berita hoaks.

"Tugas wartawan itu menyampaikan berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik yang bisa dipertanggungjawabkan kepada publik," kata pria yang juga Ketua Dewan Kehormatan PWI Jatim itu.

Hadir di acara pembukaan, Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri Apip Permana, Rektor UNP PGRI Kediri Zaenal Afandi, Perwakilan dari BI Kediri Wihujeng AR, dan undangan lain. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO