Wisata Kebun Raya Mangrove di Surabaya

Wisata Kebun Raya Mangrove di Surabaya Wisata Kebun Raya Mangrove di Surabaya. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kebun Raya Mangrove Surabaya baru diresmikan pada hari Rabu (26/7/2023) sebagai yang pertama di Indonesia. Peresmian Kebun Raya Mangrove dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri, sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI).

Eva selaku Kepala UPTD Kebun Raya Mangrove Surabaya mengatakan Kebun Raya Mangrove Surabaya merupakan yang pertama dan satu-satunya Kebun Raya Mangrove di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Wisata Mangrove Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya.

"Kebun Raya Mangrove Surabaya merupakan kebun raya tematik mangrove yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, belum ada (kebun raya di Indonesia) yang tematik, apalagi jenisnya mangrove," ujar Eva pada Minggu (30/7/2023).

Kebun Raya Mangrove Surabaya ini berfungsi sebagai konservasi alam dan destinasi wisata. Luas kebun ini mencapai 34 hektare, yang mencakup tiga wilayah, meliputi Gunung Anyar seluas 11 hektare, Wonorejo 7 hektare, dan Medokan Sawah 16 hektare.

"Pengelolaan Kebun Raya Mangrove Surabaya berada di UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Kebun Raya Mangrove Surabaya, di bawah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya," tutur Eva.

Manfaat hutan mangrove bagi wilayah pesisir seperti Surabaya dapat mitigasi perubahan iklim, menyerap dan mengikat karbondioksida, mengurangi dampak badai dan tsunami, serta fungsi pariwisata.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO