Gubernur Khofifah Resmikan 78 Huntap Pascabanjir Bandang di Bondowoso

Gubernur Khofifah Resmikan 78 Huntap Pascabanjir Bandang di Bondowoso Gubernur Khofifah saat menyerahkan kunci mockup huntap kepada perwakilan warga terdampak banjir bandang di Bondowoso.

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Gubernur meresmikan hunian tetap (huntap) relokasi rumah dan sarana prasarana lingkungan pascabanjir bandang di Kecamatan Ijen, , Kamis (21/9/2023).

Peresmian tersebut ditandai dengan pemberian kunci mockup huntap secara simbolis oleh gubernur kepada 5 perwakilan penghuni, serta penandatanganan prasasti dan pemotongan untaian pita. 

Gubernur juga didampingi oleh Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya RI, Eny Supartini; Bupati , Salwa Arifin; dan Kalaksa BPBD Jatim.

Total sebanyak 78 rumah yang dibangun dengan luas masing-masing huntap ukuran 4x6 m² yang dibangun di atas lahan 7x14 m². Masing-masing bangunan juga sudah dilengkapi dengan MCK.

Kawasan area lahan yang digunakan merupakan tanah milik Perhutani dengan luas lahan kurang lebih 4,63 Ha. Sementara, luas lahan yang digunakan untuk relokasi rumah kurang lebih 1 Ha, sehingga masing-masing penerima bantuan mendapatkan lahan seluas 98 m persegi.

Gubernur mengatakan, huntap tersebut dibangun setelah bencana banjir bandang melanda Desa Kalisat dan Sempol di lereng Gunung Ijen pada Februari lalu. Ia berharap, rumah ini akan lebih memberikan ketenangan dan kenyamanan, karena dibangun di lokasi yang lebih aman dari sebelumnya.

"Ketenangan merupakan hal vital. Karena lokasi rumah sebelumnya berada di dekat arus lereng Gunung Raung. Sehingga saat hujan maupun arus kuat, rawan banjir dan meresahkan warga. Semoga di lokasi yang baru ini warga lebih tenang, aman dan nyaman," ujarnya.

Menurut dia, Huntap tersebut diisi oleh 29 warga Desa Sempol dan 49 warga Desa Kalisat. Berlokasi di kawasan strategis, huntap ini dekat dengan fasilitas kesehatan, pasar, tempat ibadah, pusat pendidikan, dan kantor pemerintah dalam jarak kurang lebih 2-3 km.

"Alhamdulillah ke-78 rumah tersebut juga sudah lengkap dengan MCK. Sedangkan sarana prasarana, pipanisasi, dan akses jalan sebagian akan terus digenjot percepatan penyelesaiannya," kata .

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO