Ciptakan Kota Batu yang Sehat dan Bermartabat, Ratusan Siswa Ikuti "Aksi Bergiziku"

Ciptakan Kota Batu yang Sehat dan Bermartabat, Ratusan Siswa Ikuti "Aksi Bergiziku" Kepala Dinkes Kota Batu drg Kartika Trisulandari (dua dari kiri) saat mengampanyekan konsumsi tablet FE bagi remaja putri.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Ratusan siswa SMP, MTs, SMA, dan MA di Kota Batu mengikuti gerakan aksi bergiziku yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu di Museum Tubuh Jatim Park 1, Senin (23/10/2023).

Hal ini dilakukan Dinkes Kota Batu sebagai wujud komitmen pemerintah untuk menciptakan Kota Batu yang sehat dan bermartabat.

Baca Juga: Pj Wali Kota Batu Anugerahkan Penghargaan untuk 24 Personel TNI-Polri

"Aksi yang bertema “Aksi BergiziKu” itu diikuti sekitar 400 siswa se-Kota Batu, mulai SMP, MTS hingga SMA, MA, dengan jumlah 31 wakil dari SMP dan 28 wakil dari SMA, MA," kata Kepala Dinkes Kota Batu Kartika Trisulandari.

Ia menjelaskan, aksi ini bertujuan membudayakan atau mengampayekan kosumsi makanan yang bergizi terhadap para remaja. Selain itu, mendorong agar tetap beraktivitas fisik dan tetap mengonsumsi tablet FE (tambah darah) bagi remaja putri.

Baca Juga: Tebak Kuis HUT ke-23, Pj Wali Kota Batu Hadiahkan Umroh kepada Seorang ASN

"Gerakan aksi bergiziku ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hidup sehat dengan cara meningkatkan aktivitas fisik secara teratur dan terukur," kata dia.

Kartika melanjutkan, bahwa aksi ini juga untuk meningkatkan peran serta guru, orang tua, dan anak sekolah dalam memenuhi asupan gizi yang baik.

"Setelah kegiatan ini kami akan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah sebagai bagian untuk membudayakan kita dalam perilaku hidup sehat," pungkasnya.

Baca Juga: 110 Model Tampil Memukau dalam Fashion On The River di Coban Talun Kota Batu

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Batu, Abdillah Alkaf. Ia membacakan sambutan Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai yang intinya berharap aksi bergiziku ini dapat memberikan pemahaman, edukasi, dan dukungan yang dibutuhkan anak anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

"Aksi ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi ini juga tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat. Kita harus ikut peduli dan mendukung upaya tersebut," jelasnya.

Kampanye aksi bergizi yang melibatkatkan lintas sektor ini sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia yang banyak diderita para remaja putri.

Baca Juga: Sebanyak 400 ASN Pemkot Batu Ikuti Tes Kebugaran Jasmani

"Kesehatan dan gizi yang baik adalah kunci bagi perkembangan optimal siswa, yang nantinya menjadi pemimpin yang tangguh dan produktif sebagai aset bangsa kita," ucapnya.

Adapun rangkaian kegiatan aksi bergiziku adalah seminar sehat dan dialog interaktif oleh narasumber Ahli Gizi Maretha Primariayu dan Remaja Putri Kang Mas Nimas Rara Binarani. (adi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO