Lantik Pengurus Dekesda Periode 2022-2027, Berikut Harapan Bupati Sidoarjo soal Seni Budaya

Lantik Pengurus Dekesda Periode 2022-2027, Berikut Harapan Bupati Sidoarjo soal Seni Budaya Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat melantik pengurus Dekesda 2022-2027. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, melantik pengurus Dewan Kesenian (Dekesda) periode 2022-2027 di Pendopa Delta Wibawa, Senin (30/10/2023).

Dalam kesempatan ini, ia mengajak masyarakat untuk melestarikan warisan seni budaya. Sebab, perkembangan zaman saat ini serta gempuran budaya asing, menjadikan seni budaya mulai ditinggalkan.

"Cara kita agar tetap melestarikan seni budaya yang mulai tertinggal ini, yang pertama dengan cara mempelajari dan mengenal seni budaya kita, lalu memperkenalkan seni budaya kita ke orang lain atau suatu daerah, serta tidak terpengaruh oleh seni budaya asing," ujarnya.

Ia pun memberikan dukungan semaksimal mungkin agar warisan seni budaya di tidak terlupakan.

"Saya akan mendukung seratus persen segala hal kegiatan yang berhubungan dengan seni budaya di Kabupaten dengan catatan, kegiatan atau acara tersebut sesuai dengan nilai-nilai luhur yang ada di Kabupaten ," kata Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati .

Sementara itu, Ketua Umum Dekesda, Ribut Wijoto mengatakan cara efektif agar seni budaya di Kabupaten tidak terlupakan yaitu dengan pagelaran event seni budaya.

"Event-event seni budaya menjadi salah satu pendukung kesejahteraan masyarakat, di mana event seni budaya dapat menjadi branding Kabupaten sebagai destinasi wisata berbasis seni budaya dan otomatis akan meningkatkan ekonomi Kabupaten ," ucapnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data Dekesda, terdapat empat warisan budaya yang telah dicatatkan diantaranya adalah Tari Banjar Kemuning, Musik Patrol, Kupang Lontong dan Udeng Pacul Gowang. "Keempat warisan budaya tersebut harus tetap kita lestarikan," pintanya.

Pelantikan pengurus Dekesda ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , Tirto Adi, dan sejumlah undangan lainnya, di antaranya Ketua Pemuda Pancasila (PP) , Mursidi. (sta/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO