Tekan Stabilitas Harga Pangan, Pemkab Bangkalan Sediakan 100 Ton Beras

Tekan Stabilitas Harga Pangan, Pemkab Bangkalan Sediakan 100 Ton Beras Operasi pasar yang berlangsung di Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab menyediakan 100 ton beras untuk didistribusikan melalui operasi pasar murah dalam rangka menjaga stabilitas harga

Harga beras mencapai Rp10.800,00. untuk beras kelas medium, dan untuk Premium Rp13.500,00. sedangakan harga di Pasar Ki Lemah Duhur untuk beras medium Rp12.500,00. dan premium Rp13.500,00.

Plt Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) , Achmad Sidik, mengatakan bahwa 100 ton beras dari Bulog belum sepenuhnya tersalurkan kepada masyarakat, sisanya akan disalurkan melalui program Pasar murah.

"Yang sudah tersalurkan melalui pasar murah itu sekitar 70 ton kepada masyarakat jadi sisanya sekarang kisaran 30 ton, itu akan di salurkan," ucapnya. Kamis (9/11/2023).

Disebutkan, operasi pasar murah sudah 8 kali di gelar di wilayah kecamatan dan belum menjamah wilayah pedesaan lantaran terkendal izin.

"Kalu inginnya kita merata di semua kecamatan namun terbentur izin, kalau ke daerah harus menyediakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Indek Berusaha (NIB)," katanya.

Ia berharap, Bulog dapat memberikan kuota beras yang lebih untuk Pemkab , agar dapat didistribusikan kepada masyarakat melalui operasi pasar murah, masyarakat hanya perlu membawa KTP saja untuk membeli beras.

"Dari Bulog kami terima beras Medium yang dijual pada operas pasar dengan harga Rp.54 ribu per sak isi 5 kg dan yang Premium Rp.67 ribu per sak isi 5 kg. Selisihnya kisaran Rp.7 ribu sampai Rp.10 ribu dengan harga beras di pasar setiap KTP dijatah 2 sak saja," paparnya.

Sementara itu, Aini penjual beras di Pasar Ki Lemah Duwur mengaku harga beras beberapa pekan ini memang cenderung tidak stabil, namun tidak mengalami kenaikan secara drastis.

"Untuk beras berubah-ubah kadang naik dan turun, untuk saat ini kalau harga beras medium Rp12.500,00. per kg sedangkan untuk yang premium Rp13.500,00. per kg," ucapnya. (mil/uzi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO