Pj Wali Kota Kediri Paparkan Implementasi PUG Saat Verifikasi Lapangan Anugerah Parahita Ekapraya

Pj Wali Kota Kediri Paparkan Implementasi PUG Saat Verifikasi Lapangan Anugerah Parahita Ekapraya Pj Wali Kota Zanariah saat memaparkan implementasi pengarusutamaan gender (PUG) Kota Kediri tahun 2023. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Wali Kota memaparkan implementasi pengarusutamaan gender (PUG) Kota Kediri tahun 2023, Sabtu (18/11/2023).

Paparan itu disampaikan dalam acara Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender Tahun 2023 Anugerah Parahita Ekapraya di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri.

menjelaskan indeks pembangunan gender dan indeks pemberdayaan gender Kota Kediri selama tahun 2018 - 2022 selalu berada di atas Provinsi Jawa Timur dan Nasional.

Begitu pula indeks ketimpangan gender tahun 2018 - 2022 berada di bawah Provinsi Jawa Timur dan Nasional. Di Jawa Timur, indeks pembangunan gender Kota Kediri berada di peringkat delapan, indeks pemberdayaan gender di peringkat pertama, dan indeks ketimpangan gender di peringkat dua.

Menurutnya, hal itu karena Kota Kediri memiliki komitmen kuat dalam penyelenggaraan pengarusutamaan gender. Hal itu diwujudkan dalam Peraturan Daerah Kota Kediri nomor 5 tahun 2022 yang diperkuat dengan Peraturan Wali Kota Kediri nomor 43 tahun 2022. Ada pula Peraturan Daerah Kota Kediri Nomor 6 tahun 2018 tentang penyelenggaraan pengembangan kota layak anak.

"Capaian di Kota Kediri sudah cukup bagus. Tinggal bagaimana kita mempertahankan dan teman-teman OPD ini tidak terlena. Apa yang sudah baik harus kita tingkatkan dan yang belum baik kita bereskan," ujarnya.

Pada kebijakan responsif gender, lanjutnya, Kota Kediri memiliki visi 'Kota Kediri Unggul dalam Harmoni' di mana penyelenggaraan pengarusutamaan gender dituangkan dalam misi kedua. Yakni, mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing berbasis nilai agama dan budaya. Kota Kediri telah memiliki sistem informasi data gender dan anak Kota Kediri yang dapat diakses secara online.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO