Naikkan Kelas UMKM Kota Pasuruan, Gus Ipul Minta OPD Pengampu Lakukan Riset

Naikkan Kelas UMKM Kota Pasuruan, Gus Ipul Minta OPD Pengampu Lakukan Riset Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota terus berupaya untuk menaikkan kelas UMKM dan IKM Kota Pasuruan agar bisa bersaing dengan daerah lain. Untuk itu, OPD pengampu UMKM dan IKM diminta melakukan riset.

Sementara kepada pelaku UMKM dan IKM, wali kota yang karib disapa ini minta terus melakukan inovasi agar tetap memiliki kemampuan untuk beradaptasi yang tangguh. Terutama di era digitalisasi dan adanya teknologi artificial intelligence (AI).

“Inovasi UMKM mulai dari produk, marketing, hingga melakukan riset-riset dalam pengembangan produk dan penjualan sehingga kemauan pasar dapat dipahami. Karena di era digitalisasi dan adanya teknologi artificial intelligence (AI) membuat banyak hal berubah,” ujar saat membuka acara Serasehan UMKM Naik Kelas “Siap Kuasai Pasar”, Kamis (01/12/2023) malam.

Riset menurut sangat penting karena pelatihan sudah banyak dilakukan. Fasilitasi kemudahan akses modal juga sudah dilakukan dan pendampingan untuk melakukan penjualan juga sudah dilakukan. Riset bisa dilakukan mulai dari riset manajemen, kebutuhan pasar, produk, sekaligus riset perusahaan-perusahaan yang mampu menjual barangnya dengan murah.

“Kita pahami, bahwa daya beli masyarakat itu ada range harganya. Maka, perubahan pasar itu sangat pesat,” ujar .

Pelaku UMKM dan IKM juga bisa memanfaatkan program Internet gratis di setiap RW yang ada di Kota Pasuruan. mencontohkan salah satu penjual bakso yang omzetnya meningkat setelah memanfaatkan internet gratis di setiap RW untuk berjualan secara online.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO