Komisi III DPR RI Apresiasi Komitmen Kanwil Kemenkumham Jatim Ciptakan Pemilu Luber Jurdil

Komisi III DPR RI Apresiasi Komitmen Kanwil Kemenkumham Jatim Ciptakan Pemilu Luber Jurdil Rapat kerja antara Kanwil Kemenkumham Jatim dengan Komisi III DPR RI.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com berkomitmen menciptakan yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil (Luber Jurdil). Hal itu ditegaskan Kepala , Heni Yuwono, saat rapat kerja dengan Komisi III , Senin (11/12/2023).

Hingga sekarang, di 39 lapas dan rutan di Jawa Timur mengalami overkapasitas sebesar 105 persen. "Dari kapasitas hunian 13.563, saat ini lapas dan rutan di Jatim dihuni 27.875 warga binaan," kata Heni.

Jumlah ini menunjukkan tren penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 113 persen. Hal itu tak lepas dari reformasi hukum dengan penerapan pidana alternatif dan mengedepankan prinsip restorative justice.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari unsur legislatif dalam hal ini Komisi III yang terus mengawal semangat reformasi hukum di Indonesia," puji Heni.

Fluktuasi jumlah warga binaan ini pun berdampak pada persiapan pelaksanaan pemilu di lapas dan rutan. Pihak Kemenkumham Jatim harus benar-benar memastikan jumlah warga binaan yang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun calon Daftar Pemilih Khusus (DPK).

"Sesuai hasil rapat pleno KPU Jatim pada 27 Juni 2023 lalu, ada 22.891 orang warga binaan yang masuk dalam DPT," ucap Heni.

Namun, pada 6 Desember 2023 jumlah DPT menjadi 17.761 DPT. Salah satu faktor utamanya karena jumlah warga binaan di lapas dan rutan sangat dinamis.

"Jumlahnya bertambah dan berkurang setiap hari, jadi kami terus melakukan koordinasi dengan KPU setiap bulan untuk melaporkan jumlah warga binaan yang terkini," urai Heni.

Hingga saat ini, masih ada 10.114 warga binaan yang masuk kategori Calon DPK. Rencananya, status mereka akan ditetapkan sebagai DPT pada H-30 hari pemungutan suara.

"Kami sudah siapkan juga Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di lapas dan rutan yang jumlahnya mencapai 102 TPS," tutur Heni.

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO