Raih APE 2023, Kota Kediri Naik ke Kategori Nindya

Raih APE 2023, Kota Kediri Naik ke Kategori Nindya Pj Wali Kota Kediri, Zanariah (nomor 4 dari kanan), saat menerima APE 2023. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kota kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kali ini, Kota naik level dengan meraih APE kategori Nindya.

Penghargaan diterima langsung oleh Pj Wali Kota , Zanariah, di Jakarta, Selasa (19/12/2023). Agenda tersebut dihadiri langsung oleh Menteri PPPA, Bintang Puspayoga.

Pada APE tahun ini, Kota meraih peningkatan dengan mendapat kategori Nindya setelah sebelumnya meraih Kategori Pratama pada 2016. Kemudian, Kota mendapat Kategori Madya 2 kali pada 2018 dan 2020. 

Kota meraih APE kategori Nindya karena dinilai berhasil dalam penguatan pelaksanaan kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan hak perempuan, yang mana dilakukan secara berkesinambungan melalui pengintegrasian isu gender dalam pembangunan.

Pj Wali Kota , Zanariah, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait terhadap kinerja pihaknya, khususnya dalam penerapan strategi pengarusutamaan gender (PUG). Pemkot berkomitmen untuk melindungi hak perempuan dan memberdayakan perempuan.

"Peran dari semua pihak dibutuhkan untuk terus mengupayakan kesetaraan bagi perempuan. Kita tahu bersama perempuan dapat berkontribusi dalam pembangunan apabila mereka berdaya dan berkualitas," ujarnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO