PCNU Dapat Kode Khusus dari Panitia Muktamar, Modus Baru Kecurangan?

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Beberapa Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan PWNU mengaku mendapat kode khusus dari Panitia Muktamar NU ke-33. Kode itu diberikan panitia kepada PCNU dan PWNU tertentu yang dianggap akan memilih calon yang didukung mereka.

“Kode Registrasi Anda: K5xxx. Saat di arena muktamar, berikan kode ini kepada panitia”.

Demikian bunyi SMS yang diterima salah satu ketua PCNU. Pihak Panitia menganggap Ketua PCNU yang dikirim kode registrasi itu adalah pemilik hak suara yang sudah dikondisikan dan dipastikan memilih duet incumbent.

Menurut ketua PCNU yang enggan disebut namanya, kode registrasi itu adalah kode khusus. ”Kalau tak punya kode itu mereka bisa jadi tak bisa masuk,” katanya.

”Jadi meski resmi ketua PCNU tapi kalau tak punya kode itu tak bisa masuk sehingga suaranya hangus, karena nanti untuk masuk ke lokasi persidangan pakai barcode (kode bergaris hitam putih yang dibaca mesin elektronik-red),” katanya.

Sebelumnya diberitakan bahwa beberapa PCNU menuturkan bahwa dalam beberapa hari ini ada oknum yang bergerilya ke PCNU-PCNU untuk menebar teror. Oknum ini mendatangi pengurus PCNU di beberapa daerah sembari menyebar ancaman. Ia mengatakan bahwa pengurus PCNU belum tentu bisa menjadi peserta Muktamar NU jika tak tunduk dan memilih calon yang mereka sodorkan dan tak mendukung AHWA.

”Apa ada jaminan sampean bisa jadi peserta, meski sampean pengurus resmi PCNU,” demikian bahasa yang disampaikan oknum itu kepada PCNU. (Baca juga: " target="_blank">Praktik Kecurangan Diduga Bakal Dimulai sejak Registrasi Peserta Muktamar NU)

Namun acaman dan teror itu ternyata tidak membuat nyali PCNU ciut. Sebaliknya mereka justru tambah berani menentang AHWA. Mereka merasa tersinggung karena NU diperlakukan seperti partai politik beraliran komunis tanpa mengenal etika dan Tuhan. ”Ini sudah keterlaluan. Berarti kelompok mereka jelas gak bener dan harus dilawan untuk menyelamatkan NU,” kata seorang kiai geram. (Baca juga: Rais Syuriah PCNU Jember: Formulir AHWA untuk Menjebak Peserta Muktamar) (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO