Luhut Sebut China Mau Bangun Pabrik Sendok Garpu di RI, Pengamat: Jangan-Jangan Golok dan Arit juga

Luhut Sebut China Mau Bangun Pabrik Sendok Garpu di RI, Pengamat: Jangan-Jangan Golok dan Arit juga Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: istimewa

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Pernyataan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang mengatakan bahwa bakal bikin pabrik sendok dan garpu di Indonesia menuai kritik dari berbagai pihak. Bahkan warganet banyak yang geram dengan sikap pemerintah Indonesia yang dianggap mengistimewakan penguhasa dengan membiarkan membuat pabrik sendok dan garpu yang seharusnya dibuat pengusaha Indonesia.

Rencananya, pabrik tersebut bakal dibangun di Kalimantan Utara (Kaltara). Seiring dengan kelanjutan pembangunan proyek pabrik petrokimia. 

Kini, kata Luhut, sudah mengeluarkan lampu hijau. Orang kepercayaan Presiden Jokowi pun berharap tidak ada kendala dalam rencana tersebut.

Menanggapi pernyataan Luhut itu, pengamat Kebijakan Publik mengingatkan Luhut tentang rencana membangun industri baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia. Menurut dia, dulu Luhut selalu gambar-gembor soal itu. Tapi hingga kini masih berupa wacana saja. Sehingga ia menganggap Luhut – pemerintah Indonesia – telah tertipu.

“Udah tertipu masih sombong. Sebelumnya gembar-gembor akan membangun pabrik mobil listrik, sekarang sekadar sendok-garpu,” tulis Gigin dikutip dari unggahannya di X, Sabtu (24/2/2024).

Dikutip Fajar, menurut dia, jangan-jangan tidak hanya membangun sendok dan garpu, tapi juga bakal bikin golok dan semacamnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO