Selama Bulan Ramadhan, Lapas Kediri Adakan Program Tadarusan dan Pesantren Kilat

Selama Bulan Ramadhan, Lapas Kediri Adakan Program Tadarusan dan Pesantren Kilat Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kediri saat mengikuti tadarusan. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ada program baru di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kediri selama bulan Ramadhan. Yaitu tadarusan dan pesantren kilat.

Untuk program tadarusan dilaksanakan di Masjid At-Taubat yang berada di dalam . Pesertanya adalah 20 warga binaan. Mereka membentuk sebuah majelis, lalu membaca Al-Quran secara bergantian. 

Kasubsi Bimbingan, Pemasyarakatan, dan Perawatan, Lapas Klas IIA Kediri, Dena Anggika Prayogo, menjelaskan program tersebut bertujuan mendekatkan WBP (warga binaan pemasyarakatan) kepada Yang Maha Kuasa.

"Selain itu, program tadarusan dan pesantren kilat ini juga untuk lebih mendekatkan warga binaan kepada para petugas dan sesama penghuni lapas lainnya," kata Dena, Kamis (14/3/2024).

Menurut Dena, mengaji atau tadarusan sebenarnya merupakan kegiatan rutin di lapas. Hanya saja, selama bulan Ramadhan kegiatan tersebut ditingkatkan menjadi dua kali sehari, yaitu saat setelah ashar dan setelah isya'.

"Pada bulan Ramadhan ini ada tambahan lagi, yaitu pesantren kilat dan pengajarnya dari Kemenag Kota Kediri," imbuh Dena.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO