Forwas Tularkan Tradisi Bikin Ketupat Kepada Anak Yatim di Sidoarjo

Forwas Tularkan Tradisi Bikin Ketupat Kepada Anak Yatim di Sidoarjo Forwas saat kegiatan bersama anak uatim di Kota Delta.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tradisi Kupatan saat hari raya Idul Fitri perlu ditularkan kepada generasi penerus, tak terkecuali anak yatim piatu. Maka dari itu, puluhan anak yatim di , diajari cara membuka ketupat.

Tradisi Lebaran Ketupat atau Bakda Kupat merupakan simbolisasi ungkapan dari bahasa Jawa. Kupat adalah akronim dari Ngaku Lepat (mengakui kesalahan). 

Simbolisasi ini digunakan Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan ajaran Islam di Jawa yang pada waktu itu masih banyak orang meyakini kesakralan dari ketupat. Satu per satu, anak-anak ini diberikan 2 buah janur untuk dirangkai menjadi sebuah ketupat. 

Anak-anak terlihat antusias mengikuti setiap arahan dari pemateri. Acara tersebut digelar oleh Forum Wartawan (Forwas) bekerja sama dengan Favehotel .

Executive Manager Favehotel , Eka Dewi Kurniawati mengatakan, selain untuk mengisi waktu berbuka puasa, sekaligus untuk memberi edukasi anak-anak agar bisa membuat ketupat.

“Kita ingin ngasih pengalaman yang berbeda untuk adek-adek ketika ngabuburit, kita ajari bikin ketupat,” ucap Eka Dewi, Senin (18/3/2024).

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO