Perhatikan 5 Hal ini agar Lebih Nyaman saat Melakukan Pendakian di Musim Kemarau

Perhatikan 5 Hal ini agar Lebih Nyaman saat Melakukan Pendakian di Musim Kemarau Ilustrasi. Foto: BANGSAONLINE

BANGSAONLINE.com - Sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Pemilihan peralatan saat mendaki gunung di musim kemarau tidak sama dengan saat mendaki di musim hujan.

Dalam situs resmi BMKG menjelaskan, di malam hari saat musim kemarau akan terasa lebih dingin dibanding musim hujan.

Hal ini dikarenakan , yaitu kondisi di mana wilayah Australia berada dalam periode musim dingin yang mengakibatkan tekanan udara tinggi di Australia terbawa pergerakan massa udara menuju Indonesia.

Akibat dari , suhu di beberapa wilayah Indonesia, khususnya bagian Selatan khatulistiwa (Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara) terasa lebih dingin, terutama pada saat malam hingga pagi hari.

Karena kondisi ini, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum melakukan pendakian di musim kemarau. Apa saja? Simak untuk tahu lebih jelasnya!

1. Hindari pakaian berwarna hitam

Benda atau kain berwarna hitam mampu menyerap cahaya dan merubahnya menjadi energi panas. Dampaknya jika kita mendaki pada siang hari dengan mengenakan pakaian hitam akan lebih mudah terasa dehidrasi, sehingga mengakibatkan kita lebih sering minum dan menghabiskan banyak stok air minum.

2. Gunakan buff atau masker

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO