Teknik Menyalakan Api Tanpa Korek, Cara yang Harus Dipelajari Pendaki Pemula

Teknik Menyalakan Api Tanpa Korek, Cara yang Harus Dipelajari Pendaki Pemula Ilustrasi.

BANGSAONLINE.com - Korek menjadi alat yang sangat penting ketika di gunung. Mengingat hawa dingin di pegunungan yang sangat cocok untuk membuat makanan dan minuman hangat.

Selain itu, dengan korek api, kita bisa membuat api unggun, dengan catatan tidak di sembarang tempat.

Namun, bagaimana jika kita kehilangan korek atau tertinggal di suatu tempat saat di gunung?

Mungkin kita bisa memanfaatkan pemantik pada kompor portabel. Namun pada faktanya, ketika kondisi terlalu dingin, pemantik pada kompor portabel seringkali mengalami trobel sehingga susah menyala.

Mengingat kondisi darurat bisa datang pada siapa pun, maka tidak ada salahnya kita mempelajari teknik penting ketika terjadi kondisi darurat saat di gunung. Beberapa cara yang akan kita berikan hanya dengan memanfaatkan benda di sekitar, simak untuk tahu lebih jelasnnya!

Gunakan Kaca Pembesar

Kaca pembesar mampu menghasilkan api melalui pantulan dari sinar matahari. Caranya cukup mudah. Pertama, kalian harus menyiapkan benda yang mudah terbakar seperti rumput kering, kertas, atau sejenisnya.

Kemudian pantulkan cahaya matahari dari kaca pembesar dengan jarak sekitar 20-30 sentimeter. Tunggu beberapa menit tanpa menggeser kaca pembesar agar titik panas tetap berada di satu tempat dan menghasilkan api.

Perlu diingat, hindari terkena pantulan cahaya kaca pembesar secara langsung dari mata kita karena ini berbahaya. Jika tidak ada kaca pembesar, kalian bisa memanfaatkan lensa kacamata.

Gunakan Air

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO