Agar Pendakian Tidak Terhambat, Berikut Daftar Logistik yang Harus Ada di Carrier Kamu!

Agar Pendakian Tidak Terhambat, Berikut Daftar Logistik yang Harus Ada di Carrier Kamu! Ilustrasi. Foto: M. SULTHON NEAGARA/ BANGSAONLINE

BANGSAONLINE.com - Merasa lapar di tengah perjalanan merupakan hal yang wajar. Jalur yang menanjak dengan menggendong tas carrier yang cukup berat pastinya menguras banyak tenaga. Belum lagi jika kita melakukan pendakian di siang hari, rasanya ingin selalu beristirahat setiap kali melihat tempat yang teduh.

Di kesempatan kali ini, kami tidak membahas barang apa saja yang harus kalian bawa, tapi lebih tepatnya, makanan apa saja yang harus ada. Karena logistik memiliki peran penting untuk menjaga energi, stamina, dan kesehatan, selama pendakian. Makanan yang kita bawa harus kaya akan karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral.

Tapi hal yang perlu diingat, selain nilai gizi yang tinggi, kita juga perlu memilah logistik yang mudah dibawa, praktis, dan tahan lama. Agar kita tidak kerepotan ketika merasa lapar di tengah perjalanan.

So, simak daftar berikut untuk tahu logistik apa saja yang cocok dibawa selama mendaki gunung, agar stamina kalian selalu terjaga!

Gula Merah/Aren

Gula merah atau gula aren sudah sangat familiar di kalangan pendaki. Bahkan hampir setiap pendaki, jika mereka ingat, pasti akan membawa gula ini. Para pendaki menyebut gula ini sebagai doppng. Hal yang dirasakan setelah mengonsumsi gula merah ketika tubuh sudah mulai lelah, stamina serasa kembali pulih.

Roti Tawar

Dari berbagai sumber, roti mengandung banyak energi seperti karbohidrat, kalsium, protein, fosfor, besi, vitamin B1, B2, niasin, dan beberapa kandungan baik lainnya. Roti merupakan makanan yang cepat dikonsumsi tanpa harus memasaknya terlebih dahulu, sehingga sangat cocok sebagai bekal ketika merasa lapar di tengah perjalanan atau saat istirahat sejenak di tengah perjalanan.

Yang membuat waktu kita banyak terbuang selama perjalanan adalah kita memakan makanan berat yang harus dimasak terlebih dahulu.

Selain lama untuk menunggu matang, kita juga kerepotan untuk keluar masuknya alat masak yang sudah di-packing rapi di dalam carrier. Memang tidak ada larangan, tapi risikonya kita akan terlambat untuk sampai di tempat camp. Manajemen waktu itu perlu.

Makanan Ringan

Yang ketiga adalah makanan ringan, sebagai variasi agar tidak bosan dengan roti. Makanan ringan juga diperuntukkan sebagai camilan ketika merasa lapar di tengah perjalanan. Selain itu, makanan ringan ini juga bisa kita gunakan ketika sedang bersantai di tenda.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO