Kunjungi BPBD, IGI Jatim Rintis Penguatan Satuan Pendidikan Aman Bencana

Kunjungi BPBD, IGI Jatim Rintis Penguatan Satuan Pendidikan Aman Bencana

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya kesiapsiagaan dan mitigasi bencana, mendorong (IGI) Jatim untuk berkunjung ke kantor BPBD Jatim.

Ada 5 pengurus melakukan audiensi dengan Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto di ruang kerjanya, Kamis (30/5/2024).

Ketua Wilayah Sukari S.Pd, M.Pd, kepada Kalaksa BPBD Jatim, Sukari menyampaikan keinginan organisasinya untuk turut berkontribusi memperkuat ketangguhan lingkungan sekolah melalui program Satuan Pendidikan Aman Bencana ().

"Kami berikhtiar ingin merintis kolaborasi dengan BPBD Jatim, selaku lembaga yang berkompeten menangani bencana. Sebab, salah satu amanat Kemendikbud Ristek, sekolah memang diharuskan untuk mewujudkan lingkungan yang aman dari bencana," ujar guru SMA Muhammadiyah 8 Cerme, Gresik ini didampingi Ifan Habibi Waka Bidang Media dan Kerja Sama, Endang Mulyosari Waka Bidang Diklat, dan anggota bidang lain, yakni, Mardi dan Nur Fitria.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menyambut baik pertmintaan . Baginya, kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya unsur pentahelix untuk melakukan peningkatan kapasitas masyarakat, khususnya di kalangan civitas sekolah.

"Prinsipnya, kami sangat mengapresiasi keinginan dari . Selanjutnya, nanti akan kita susun rencana pelaksanaan TOT-nya," ujar Kalaksa Gatot Soebroto didampingi Analis Kebencanaan Ahli Muda Dadang Iqwandy.

BPBD berencana akan memfasilitasi keinginan dengan menggelar Training Of Trainer (TOT) tentang . Dengan TOT, nantinya IGI Jatim diharapkan memiliki kemampuan untuk menggelar mandiri di lingkungannya.

Usai audiensi, rombongan juga berkesempatan mengunjungi Tenda Pendidikan Bencana (Tenpina) BPBD Jatim. Mereka pun sangat antusias dan apresiatif dengan adanya fasilitas pendidikan kebencanaan ini. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO