Dukung Gerakan Kampus Bersinar, Mahasiswa Uniska Kediri Tes Urine Mandiri

Dukung Gerakan Kampus Bersinar, Mahasiswa Uniska Kediri Tes Urine Mandiri Mahasiswa Uniska Kediri saat tes urine. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kediri mengikuti tes urine mandiri, Minggu (9/6/2024). Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan bekerja sama dengan Kota Kediri. 

Salah satu peserta tes urine mandiri, Madaffa Salsabila dari prodi Ilmu Hukum, mendukung acara serupa, “Tes urine ini membantu kita untuk mengetahui mahasiswa mana yang mungkin sudah terjangkit, atau akan baru terjangkit agar bisa segera ditanggulangi.”

Selain mahasiswa, ternyata pihak orang tua juga merasa senang dengan adanya tes urine ini. Seperti Samsul Anas, orang tua dari salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi prodi Manajemen, asal Wonorejo, Ngadiluwih.

"Tes urine mandiri ini sangat penting untuk dilakukan, karena secara langsung maupun tidak langsung kami bisa memantau anak kami dengan kondisi keterbatasan kami,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor , Bambang Yulianto, menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu pemerintah. Karena merupakan tugas bersama untuk memperkuat anak bangsa agar sehat jasmani dan rohani.

"Walaupun terlihat sehat jasmaninya, ternyata bisa saja mengalami ketergantungan terhadap zat aditif. Itu akan sangat berbahaya.  berkomitmen untuk tidak menggunakan, tidak mengedarkan, dan juga membantu menangani (agar tidak terjadi) penyebarluasan narkoba," paparnya.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kota Kediri karena selalu bersedia berjalan berdampingan bersama Uniska kediri untuk mendukung pencegahan penyebaran narkoba di lingkungan kampus," imbuhnya.

Sedangkan, Tri Wulandari selaku Kasubbag Umum  Kota Kediri, mengapresiasi komitmen dalam menanggulangi penyebaran narkoba di lingkungan kampus. Menurut dia, merupakan kampus yang luar biasa, karena setiap tahunnya selalu mengadakan tes urine mandiri untuk mahasiswa baru.

"Ini artinya (Uniska) benar-benar bertekad untuk menjadi kampus bersinar, kampus bersih dari narkoba. Diawali dengan tes urine mandiri dan dari sinilah bisa dilihat bahwa mahasiswa yang diterima di kampus Uniska, benar-benar bebas dari penyalahgunaan narkoba," ucapnya.

Pada 2024, tes urine mandiri dilakukan di 3 gedung utama yaitu Gedung Kantor Pusat (2 titik), Gedung E (2 titik), dan Gedung Ulul Albab (4 titik). Terdapat total 92 orang yang masuk dalam kepanitian kegiatan ini yang merupakan tim gabungan dari (59 orang) yang diketuai oleh Nur Rahmanti Ratih, dan Kota Kediri (32 orang) dengan kordinator lapangan Miftahul Khoiriyah, yang juga merupakan ketua Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Kediri. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO