Waspadai Pinjol, Indah Kurnia Ajak Pelaku UMKM Bijak Atur Keuangan

Waspadai Pinjol, Indah Kurnia Ajak Pelaku UMKM Bijak Atur Keuangan Para pelaku UMKM di Sidoarjo saat mengikuti Edukasi Pinjaman Online. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota , Indah Kurnia, bersama Kantor Regional 4 Jawa Timur mengedukasi masyarakat dengan giat bertajuk 'Edukasi Pinjaman Online', Sabtu (6/7/2024).

Agenda yang dilaksanakan oleh Yayasan Rumah Ide Kreasi Indonesia itu digelar di Kedai Tepi Teras, Sidoarjo. Pesertanya, para pelaku yang tergabung dalam asosiasi Unggul Terampil Jaya.

Baca Juga: ​Pemkab Resmi Ganti Beberapa Acara di Gelaran Jombang Fest 2024, Ini Alasannya

Robet Lala sebagai pembina yayasan berterima kasih kapada Indah Kurnia yang telah melaksanakan kegiatan tersebut, "Terima kasih Bunda yang sudah selalu setia menemani kami dalam berbagai kegiatan."

Mohammad Bakrie dari Kantor Regional 4 Jawa Timur menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Ia menjelaskan, saat ini harus benar-benar waspada dalam transaksi secara online. Khususnya mewaspadai transaksi pinjaman online (Pinjol).

"Saat ini pinjaman online ilegal yang sudah ditutup oleh pemerintah sudah mencapai 6.991 aplikasi. Sedangkan yang dinyatakan legal sebanyak 100 aplikasi. Oleh karena itu hati-hati terhadap berbagai aplikasi Pinjol yang berseliweran di media sosial," paparnya.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Jatim Fest 2024 Jadi Katalisator Pertumbuhan UMKM

Ia juga berpesan agar masyarakat dapat menghubungi bila ingin memastikan apakah sebuah aplikasi pinjol itu legal atau ilegal.

"Segera hubungi kontak 157 atau melalui whatsapp di nomor 081157157157 bila ingin memastikan mengenai legalitas aplikasi pinjol," tuturnya.

Sementara itu, Indah Kurnia menyampaikan agar kita bijak mengatur keuangan, "Kita harus bijak mengatur keuangan. Hindari membeli barang yang konsumtif." ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima pada hari ini, Minggu (7/7/2024).

Baca Juga: BPIP Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Pasuruan

Menurut dia, akhir-akhir ini banyak beredar informasi yang tidak sehat melalui sosial media terkait investasi bodong dan pinjol ilegal. Indah mengimbau kepada masyarakat agar tidak terbujuk dengan tawaran yang tidak rasional oleh pihak siapa pun.

"Salah satu upaya untuk bisa mempertahankan kondisi keuangan keluarga adalah dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan produktif seperti usaha maupun opsi lain yang lebih menantang dan menjanjikan keuntungan seperti investasi dengan tujuan agar uang tidak berhenti di tabungan," bebernya.

Oleh sebab itu, anggota dari dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo) ini mengapresiasi edukasi dan sosialisasi yang dilakukan oleh terhadap masyarakat secara rutin, periodik, dan konsisten. Ia turut berterima kasih kepada masyarakat yang terus mau mengedukasi diri dalam berbagai hal, termasuk mengenai keuangan. (sta/mar)

Baca Juga: Dilantik, Syafiuddin dan Imron Amin Proritaskan Kemajuan dan Kesejahteraan Pulau Madura

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO