Hari Anak Nasional, Bupati Blitar Ajak Masyarakat Turut Berperan Wujudkan Generasi Unggul

Hari Anak Nasional, Bupati Blitar Ajak Masyarakat Turut Berperan Wujudkan Generasi Unggul Bupati Blitar Rini Syarifah saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024.

Listen to this article

BLITAR, BANGSAONLINE.com - mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan generasi unggul. Hal itu diungkapkan wanita yang akrab dengan sapaan Mak Rini tersebut saat menghadiri peringatan (HAN) 2024.

Bupati Rini mengajak masyarakat untuk memaknai Peringatan sebagai kepedulian terhadap perlindungan anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Hal itu bisa dilakukan dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

"Untuk itu, mari kita dorong keluarga untuk memberikan ruang, waktu, yang lebih kepada putra-putrinya. Termasuk kepada pihak sekolah ada komunikasi intens dengan orang tua, sehingga ada kerja sama untuk mengawasi tumbuh kembang anak. Pastikan di sekolah ada kegiatan parenting," kata Bupati Rini.

Dijelaskan Bupati Rini, gaya parenting masa kini sangat berbeda dengan tempo dulu. Dengan berkembangnya teknologi, tentu membutuhkan pola pengasuhan yang lebih modern. Saat ini, anak bisa menyampaikan berbagai perspektif sehingga orang tua harus bisa memahami keinginan anak muda.

"Sehingga, penting bagi orang tua juga memahami psikologis, karakter, dan membangun pola komunikasi yang baik dengan anak. Jadikan anak adalah sabahat. Jadi penting bagi orang tua menjadi pendengar yang baik. Saya juga berpesan kepada generasi muda, hormati orang tuamu dan patuhi aturan," imbuhnya.

Menutup acara ini, Bupati Rini mengajak masyarakat menjadikan peringatan sebagai upaya bersama mengampanyekan pemberian hak dan perlindungan anak.

"Seluruh anak harus tumbuh sehat, dilindungi dari kekerasan, eksploitasi dan berbagai perlakuan salah lainnya," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO