Jangan Ada yang Tertinggal, Berikut Daftar Peralatan yang Harus Dibawa Selama Mendaki Gunung

Jangan Ada yang Tertinggal, Berikut Daftar Peralatan yang Harus Dibawa Selama Mendaki Gunung Foto: BANGSAONLINE.

BANGSAONLINE.com - Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar keluhan teman karena peralatannya tertinggal saat , atau mungkin justru peralatan kita sendiri yang tertinggal? Memang seharusnya kita teliti dengan barang bawaan kita. 

Karena jika kita melupakannya, bisa jadi akan berakibat fatal. Karena semua peralatan gunung memiliki fungsinya masing-masing untuk menunjang segala kondisi di gunung. 

Baca Juga: Pilah-pilah Sampah, Mana yang Boleh dan Tidak untuk Dibuang di Gunung?

Misal seperti jaket gunung untuk menghangatkan kita saat malam hari, tenda untuk tempat kita bermalam dan berlindung dari hujan bahkan badai, trecking pole untuk membantu melewati medan di pegunungan, dan berbagai peralatan-peralatan lainnya yang tak kalah penting. 

Lantas, apa saja sih peralatan yang harus di bawa saat ? yuk simak daftar di bawah agar tidak ada yang terlupa.

1. Tas carrier, ini adalah hal utama yang kita butuhkan. Teman-teman bebas menyesuaikan kapasitas sesuai dengan keperluan masing-masing. ada yang 45 liter hingga 90 liter.

Baca Juga: Mengapa Masih Ada Pendaki yang Tersesat di Gunung?

2. Trashbag, plastik sampah ini punya peran besar untuk melindungi seluruh peralatan kita. Tempatkan plastik sampah ini hingga melapisi seluruh tas carrier agar melindungi seluruh peralatan dari hujan.

3. Matras, setelah trashbag terpasang. Kalian bisa memasukkan matras dengan model melingkari carrier agar peralatan lain bisa ditaruh di bagian tengahnya. Peletakan matras di sini juga ditujukan agar carrier kita bisa berdiri tegak.

Baca Juga: Tak Semua Air di Gunung Bisa Langsung Dikonsumsi, Simak Informasi Berikut

4. Jas hujan dan headlamp, dua benda ini sebaiknya di taruh di bagian head carrier (paling atas) agar kita mudah menjangkaunya saat malam atau hujan tiba.

5. Sleeping bag, kantung tidur ini bisa kita taruh dibagian paling bawah. Karena alat ini menjadi alat terakhir yang kita keluarkan setelah tenda terpasang.

6. Tenda, peletakan tenda sebaiknya jangan terlalu di bawah. Ini ditujukan agar kita mudah mengambilnya saat sampai di lokasi camp dan berjaga-jaga jika hujan tiba-tiba turun agar kita tidak kualahan mengusung semua peralatan yang sudah dikeluarkan.

Baca Juga: Tips Mencari Air di Gunung, Bermanfaat Ketika Kondisi Darurat

7. Peralatan masak, yang meliputi kompor, nesting, gas, gelas, sendok, tisu, dan pisau atau gunting.

8. Logistik, yang terdiri dari air, roti, kentang, susu, teh, kopi, gula, minyak, mie instan, atau sejenisnya sesuai dengan selera makanan kalian selama di gunung.

9. Trecking pole, untuk alat ini bisa disesuaikan selera, walaupun punya peran untuk mempermudah, tapi sebagian pendaki ada yang tidak suka membawa alat ini.

Baca Juga: Terjebak Badai saat di Gunung? Lakukan Cara ini agar Selamat

10. Obat-obatan, yang berupa obat diare, maag, minyak angin, dan sebagainya.

Demikian beberapa peralatan penting yang harus kalian bawa selama pendakian. Jangan lupa untuk selalu mengenakan pakaian safety dan nyaman seperti celana , jaket, topi, sepatu trecking, buff, kaca mata, termasuk handbody, sunblock, dan peralatan mandi. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk membawa kantong plastik yang digunakan untuk membawa turun sampah kita. (msn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO