Gala Dinner Pimnas ke-37 Unair, Pj Gubernur Jatim Komitmen Dukung Perkembangan Perguruan Tinggi

Gala Dinner Pimnas ke-37 Unair, Pj Gubernur Jatim Komitmen Dukung Perkembangan Perguruan Tinggi Pj Gubernur Jatim saat memberi sambutan di Gala Dinner Pimnas ke-37 Unair.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menghadiri Gala Dinner Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-37 Universitas Airlangga () 2024 di Gedung Negara Grahadi, Selasa (15/10/2024) malam. Kegiatan tahun ini mengusung tema 'Berkompetisi Menguasai Kreativitas Mahasiswa Indonesia Bertalenta, Menjadi Pribadi yang Solutif, Inovatif dan Produktif'.

Agenda tersebut diselenggarakan dengan maksud untuk meningkatkan wawasan serta kemampuan akademik mahasiswa, mengembangkan komunikasi ilmiah, memacu dan membudayakan kreativitas dan penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Baca Juga: Kembali Torehkan Prestasi, Pj Wali Kota Kediri Sabet Penghargaan di Hari Pangan Sedunia

Dalam kesempatan ini, Adhy mengucapkan selamat datang kepada peserta PIMNAS ke-37 yang berasal dari 118 perguruan tinggi di Indonesia dari 29 provinsi.

“Selamat datang kepada para peserta PIMNAS. Kami menyambut baik gelaran ini sekaligus menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dipilihnya Jatim tepatnya UNAIR sebagai tuan rumah acara ini. Saya kira karena ditunjuk sebagai tuan rumah, kita punya kans untuk bisa memperlihatkan bagaimana kemampuan dari mahasiswa kita untuk bisa berlaga di PIMNAS ini,” ujarnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Ajak Semua Pihak Bangun Sistem Pangan yang Tangguh dan Berkelanjutan

Ia melanjutkan, sebagai salah satu Pusat Pendidikan di Indonesia, Jatim selalu berkomitmen mendukung perkembangan perguruan tinggi dalam berbagai aspek.

“Ini dibuktikan dengan IPM Jatim tahun 2023 mencapai 74,65 poin dengan kategori tinggi. Jawa Timur juga memiliki banyak institusi pendidikan. Yang membanggakan adalah di tahun 2024 ini, kita memborong penghargaan bergengsi yaitu juara umum LKS SLB, juara umum LKS SMK, dan juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN),” paparnya.

Tidak hanya itu, lanjut Adhy, Jatim juga baru saja menerima penghargaan Apresiasi Cerdas Berkarakter dalam kategori Pemerintah Provinsi Berkarakter.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Apresiasi Performa Timnas Indonesia saat Melawan China

“Alhamdulillah banyak raihan prestasi Jatim bidang pendidikan yang kita dapatkan di tahun ini. Ini menunjukkan Jawa Timur sebagai barometer pendidikan. Sekaligus juga tanda bahwa Jatim mampu menciptakan sebuah ekosistem pendidikan yang baik. Kami berharap kalau SMA sudah tiga-tiganya diraih. Tinggal satu lagi, tingkat universitas. Mudah-mudahan besok Jatim bisa berlaga dengan baik. Meski bukan piala dunia, tapi setidaknya juara PIMNAS,” ucapnya.

Oleh karena itu, Pj Gubernur Jatim berharap melalui PIMNAS ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan yang menuntut inovasi, kreativitas dan syarat akan teknologi. Tapi juga ajang saling berbagi ilmu dan networking.

“Melalui ajang ini juga bisa menjadi ajang menjalin networking dan sarana komunikasi yang lebih luas. Maka bagi para peserta, berkompetisilah dengan menjunjung tinggi sportivitas dan mengedepankan value terbaik,” katanya.

Baca Juga: Di Talkshow Show Case Bersama Menparekraf, Pj Gubernur Jatim Dorong Inovasi Parekfaf Daerah

Di akhir, Adhy optimis gelaran ini tidak hanya berdampak bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Jatim, melainkan juga memberikan pengaruh positif bagi perekonomian di Jatim.

“PIMNAS ini adalah event berskala nasional. Secara tidak langsung akan memberikan dampak positif, dampak ekonomi khususnya bagi Surabaya dan Jatim secara keseluruhan,” pungkasnya.

Baca Juga: Pesan Adhy Karyono saat Pembaretan 1.150 Siswa SMAN Taruna Jatim di Lanud Iswahjudi

Sementara itu, Rektor , Moh. Nasih, melaporkan bahwa kegiatan PIMNAS ke-37 tahun ini diikuti oleh 525 tim dengan total peserta 3.500 orang dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari Sabang sampai Merauke.

“Alhamdulillah dengan total peserta yang cukup banyak, kami juga sudah menyelenggarakan pembukaan kegiatan PIMNAS tadi pagi di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) (Kampus MERR-C UNAIR) dan alhamdulillah berjalan lancar,” tuturnya.

Nasih menambahkan, kelancaran gelaran ini adalah berkat support Pemerintah Provinsi Jatim yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan Jatim.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Bank Jatim Trade Connect Summit 2024 Antarkan UMKM Naik Kelas

“Terima kasih atas seluruh support dan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur hingga terselenggaranya Gala Dinner PIMNAS utamanya bagi dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Silakan para peserta utusan dari Perguruan Tinggi untuk menikmati sajian sekaligus nonton bareng. Bapak Pj Gubernur secara khusus juga menyiapkan hadiah untuk memeriahkan kegiatan malam ini,” bebernya. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO