5 Efek Samping Mengonsumsi Daun Kelor secara Berlebihan

5 Efek Samping Mengonsumsi Daun Kelor secara Berlebihan 5 Efek Samping Mengonsumsi Daun Kelor secara Berlebihan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Daun kelor dikenal sebagai tanaman yang kaya nutrisi dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, mengonsumsi daun kelor harus dalam batas normal. Apabila berlebihan akan menimbulkan efek samping yang perlu diwaspadai.

Dikutip dari laman Forbes, berikut 5 :

Baca Juga: 3 Jenis Kegiatan Fisik untuk Mencegah Stroke

1. Masalah pencernaan

Mengonsumsi daun kelor secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare dan masalah lambung.

Gangguan pencernaan disebabkan oleh zat besi yang terkandung di dalam daun kelor yang bisa memicu perut terasa tidak nyaman.

Baca Juga: Resep Es Kelapa Kopyor Sarang Burung, Minuman Segar dan Nikmat

2. Risiko kelebihan zat besi

Kadar zat besi yang tinggi pada daun kelor bisa menyebabkan risiko hemokromatosis yakni kondisi zat besi yang berlebihan di dalam tubuh. Apabila kelebihanm zat besi dalam tubuh akan berpotensi merusak organ vital seperti jantung, hati dan pancreas.

3. Interaksi dengan obat-obatan

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 27 Oktober 2024

Daun kelor berpotensi memengaruhi cara kerja beberapa obat di dalam tubuh. Kandungan daun kelor bisa memengaruhi metabolism obat yang diproses oleh hati, sehingga efek obat bisa berubah atau bahkan menjadi tidak efektif.

4. Perubahan kadar gula darah

Daun kelor memiliki efek pada kadar gula darah. Hal tersebut memengaruhi orang-orang dengan kondisi diabetes, terutama jika mereka sudah menggunakan insulin.

Baca Juga: Amankah Konsumsi Teh Daun Kelor Setiap Hari? Ini Penjelasannya

Mengonsumsi daun kelor bisa membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil dan berpotensi membahayakan bagi penderita diabetes.

5. Risiko untuk ibu hamil

Daun kelor sebaiknya dihindari selama kehamilan. Beberapa ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi daun kelor pada saat hamil karena belum ada bukti ilmiah yang menjamin keamanannya.

Baca Juga: Resep Telur Dadar Bebek Daun Kelor, Cocok untuk Menu Sarapan Sehat

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO