Dukung Program Tingkatkan Gizi Anak Sekolah, Forkopimda Kota Batu Gelar Program KWB Bergizi

Dukung Program Tingkatkan Gizi Anak Sekolah, Forkopimda Kota Batu Gelar Program KWB Bergizi Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai (atas) dan Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata saat memberikan paket makanan bergizi kepada perwakilan siswa SD.

KOTA BATU,BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di diwarnai kegiatan pemberian paket makanan bergizi melalui program Kota Wisata Batu (KWB) Bergizi, Senin (28/10/2024).

Sebuah kegiatan berbagi makanan sehat dan bergizi kepada siswa-siswi SD di yang digelar Forkopimda .

Baca Juga: Pukau Ribuan Penonton, Kota Batu Sukses Gelar Batu Art Flower Carnival 2024

Program ini menyasar siswa-siswi di SDN Torongrejo 1, 2 dan 3 serta serta TK cendekia, PAUD Mawar dan Mawar Kuning keseluruhan kurang lebih 436 siswa.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas gizi anak-anak agar bisa mendukung konsentrasi, daya belajar, serta tumbuh kembang yang optimal.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabumi Raka sebagai upaya menekan stunting dan meningkatkan gizi para siswa sekolah di seluruh Indonesia dalam rangka mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas, dan kompeten sebagai penerus bangsa.

Baca Juga: Pesan Kapolres dan Pj Wali Kota Batu di Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024

PJ Wali yang hadir memantau jalannya KWB ini mengatakan, program ini untuk menunjukkan siap mendukung dan melaksanakan pelaksanaan program makan gratis bergizi Presiden dan Wapres terlebih saat Hari Sumpah Pemuda.

"Kami uji coba pelaksanaan kegiatan KWB bagi siswa yang ada di . Program pemerintah pusat apapun itu kita harus dukung. Kalau mendukung artinya kita harus mempersiapkan regulasinya, segala sesuatu yang berkaitan dengan infrastruktur dan segala macam, oleh sebab itu dari uji coba ini kita sudah lebih matang mempersiapkan diri, karena membutuhkan berbagai pihak yang saling membantu di dalam proses ini. Maka kami forkopimda lengkap, sama-sama ingin melihat secara langsung bagaimana proses ini dapat dilaksanakan sebaik mungkin," ujarnya.

Sementara itu, AKBP Andi Yudha Pranata juga menambahkan jika kegiatan program di ini dilakukan untuk menunjukkan siap mendukung dan melaksanakan program pemerintah pusat.

Baca Juga: Pesan Pj Wali Kota Batu saat Apel Hari Santri Nasional 2024 di Hadapan Ribuan Pelajar

, AKBP Andi Yudha Pranata, menyampaikan bahwa momentum Sumpah Pemuda menjadi saat yang tepat untuk memberikan perhatian lebih pada kesehatan generasi muda.

“Momentum ini penting untuk menyampaikan pesan tentang gizi dan kesehatan bagi generasi penerus bangsa. Melalui kegiatan ini, kami ingin anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang kuat dan cerdas,” ujar .

"KWB bergizi sebagai sarana uji coba dan evaluasi apa kekurangan, juga apa saja yg dapat disempurnakan pada program makan gratis bergizi di kedepan sesuai arahan PJ Walikota Batu tentunya," imbuhnya.

Baca Juga: Usai Dilantik, Pimpinan DPRD Kota Batu Kebut Bentuk Alat Kelengkapan Dewan

Selain itu, disampaikan jika di ini komposisi menu KWB bergizi gratis bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di ini antara lain susu, mineral, roti, telur rebus, dan pisang.

"Estimasi harga paket di ini senilai Rp 23 ribu, berdasarkan Dokkes Polres Batu estimasi kalori sebesar 600 kalori menyesuaikan kebutuhan kalori harian anak usia 7-12 tahun yang berkisar antara 1800 sampai 1900 kalori," urainya.

mengaku memantau langsung pelaksanaan program di ini diharapkan permasalahan stunting dapat dicegah dan meningkatkan gizi anak dapat terealisasi.

Baca Juga: Motivasi Musisi Lokal agar Semangat Berkarya, Pj Wali Kota Batu Undang Grup Musik Kahitna

"Tujuannya mengatasi stunting dan meningkatkan gizi anak yang berpengaruh kepada kecerdasan anak nanti,"tutupnya.

Kegiatan ini mendapat antusiasme dari siswa dan dukungan penuh dari guru dan masyarakat setempat. 

Kehadiran para pejabat dan sosok inspiratif di tengah anak-anak semakin membangkitkan semangat untuk belajar dan memahami pentingnya konsumsi makanan sehat.

Baca Juga: Tiga Pimpinan DPRD Kota Batu 2024-2029 Diambil Sumpah dalam Pelantikan

Pemerintah dan Polres Batu berharap inisiatif ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus mendukung peningkatan kualitas hidup generasi muda Indonesia.

Ke depan, kegiatan serupa diharapkan dapat dilaksanakan di lebih banyak sekolah sebagai upaya berkelanjutan dalam mencetak generasi yang sehat, cerdas, dan tangguh. 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh , AKBP Andi Yudha Pranata, S.H., S.I.K., M.Si., didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Batu, Ny. Diva Andi Yudha. Turut hadir juga PJ Walikota Batu, Drs. , S.STP, M.M., Wakapolres Batu Kompol Danang Yudanto, S.E., S.I.K., serta jajaran Forkopimda (asa/van)

Baca Juga: Pimpinan DPRD Kota Batu Definitif Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO