Tolak Pembangunan Pasar Krempyeng, Warga Wonorejo Tunggu Kejelasan Investor

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konflik rencana modernisasi Pasar Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan (LKMK) Wonorejo, Rungkut makin memanas. Kondisi itu terjadi sesudah beberapa hari lalu, pihak investor menggali dan menancapkan patok, tandai dimulainya pembangunan pasar yang sudah puluhan tahun dipakai warga sekitar sebagai pasar krempyeng.

Diawali dengan syukuran dan tumpengan yang digelar di Kantor Kelurahan Wonorejo, Rungkut, dan diikuti Lurah Wonorejo, anggota Polsek Rungkut, dan warga yang melintas waktu digelar syukuran.

Muhammad Iksan, Pengurus LKMK Wonorejo mengatakan, warga sebenarnya tidak menolak rencana modernisasi pasar itu, meski di awal sempat menolak rencana pembangunan pasar, karena menilai tidak ada keuntungan untuk warga dan pedagang, kalau pasar dimodernisasi atau dibangun ulang.

"Kita di awal-awal memang sempat menolak rencana pembangunan pasar, tapi sesudah beberapa kali pedagang dan tokoh masyarakat bertemu akhirnya mereka tidak menolak rencana modernisasi itu. Warga hanya menolak, kalau harga stand yang diberikan sesudah dilakukan modernisasi jauh dari kemampuan para pedagang dan warga yang biasa berdagang di dalam pasar," ujar Iksan, Senin (14/9).

Dipaparkannya, kalau harga setiap stand yang ditawarkan investor di atas Rp 70-100 juta, maka akan sangat memberatkan pedagang pasar yang sebagian besar berpenghasilan sangat rendah dalam bertransaksi. "Ini pasar krempyeng, bukan pasar yang dikelola pemkot atau swasta, ini murni pasarnya rakyat, tanahnya saja tanah wakaf," jelas Iksan.

Selain mengeluhkan soal harga stand, para pedagang dan warga yang biasa beraktifitas di dalam pasar juga meragukan investor atau pengembang yang akan membangun pasar. "Sampai sekarang ini tidak ada kejelasan, siapa investor yang akan membangun pasar, kami hanya diberikan janji sama Haji Saifi (mantan anggota DPRD dari PKB), kalau pasar pasti akan dibangun dan investor sudah siap," tutur Iksan yang juga tokoh masyarakat Wonorejo, Rungkut, .

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO