RGS-SQ Berangkatkan Warga Pongangan Gresik Ziarah Wali Limo

RGS-SQ Berangkatkan Warga Pongangan Gresik Ziarah Wali Limo Tim RGS-SQ saat berangkatkan ziarah wali lima fatayat-muslimat Desa Pongangan. foto: syuhud/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - RGS-SQ (Relawan Gerakan Sosial-Sambari-Qosim) kembali melakukan kegiatan sosial berupa ziarah wali lima gratis. Minggu (20/9), RGS-SQ giliran memberangkatkan ibu-ibu fatayat dan muslimat di Desa Pongangan Kecamatan Manyar untuk mengikuti kegiatan ziarah wali lima.

Ketika dilepas, ibu-ibu fatayat dan muslimat raut wajahnya terlihat sumringah. Mereka terlihat gembira, karena bisa ziarah wali yang menjadi panutan mereka secara cuma-cuma alias gratis.

Menurut Pendiri RGS-SQ, H Moh Khozin, kegiatan ziarah wali lima yang dilakukan oleh fatayat dan muslimat yang ada di Desa Pongangan, merupakan kegiatan ziarah yang kesekian kalinya yang dilakukan oleh RGS-SQ untuk membantu para ibu-ibu fayatat dan muslimat yang ingin ziarah ke makam panutan-panutan (wali) mereka. "Ziarah itu merupakan tradisi ibu-ibu fatayat dan muslimat pada waktu-waktu tertentu ketika mereka memiliki keleluasaan rizki," katanya.

Nah, saat ini RGS-SQ, kata Khozin, berupaya membantu ibu-ibu fatayat dan muslimat untuk menjalani rutinitas mereka tanpa harus mengeluarkan biaya. Sebab, untuk transportasi seperti bus dan akomodasi semuanya ditanggung RGS. "Mudah-mudahan membawa berkah dan manfaat," harap Khozin.

Ditambahkan Khozin, kegiatan ziarah wali lima merupakan salah satu dari ikhtiar yang dilakukan RGS-SQ untuk melestarikan tradisi dan budaya warga Gresik yang dikenal kota santri dan wali agar tidak terkikis oleh perkembangan zaman. "Ziarah ini tradisi warga Gresik yang harus kami lestarikan untuk menjaga tardisi yang telah ditanamkan oleh pendahulu-pendahulu kita," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO