Terkait Tower Telkomsel di Desa Gurah Kediri, Warga Bersikukuh Minta Tower Dibongkar

Terkait Tower Telkomsel di Desa Gurah Kediri, Warga Bersikukuh Minta Tower Dibongkar Perwakilan warga saat mediasi di Kantor Balai Desa Gurah Kabupaten Kediri. foto: dendi martoni/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Perwakilan warga Desa/Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, melakukan mediasi di kantor Desa Gurah bersama Kades Gurah dan pihak . Sebelumnya, puluhan warga Desa Gurah melakukan aksi dengan menyegel menara tower telkomsel karena dianggap merugikan warga.

Mediasi yang disaksikan oleh pihak Polsek dan Koramil Gurah tersebut berlangsung alot. Pasalnya, warga selama ini merasa telah ditipu oleh pihak telkomsel dengan surat tanda tangan perjanjian akan berdirinya menara tower telkomsel.

"Memang ada pertemuan, tapi di situ tidak menyebutkan akan didirikan tower telkomsel. Cuma saya disuruh datang dan tanda tangan serta dikasih uang. Dan dulu katanya akan didirikan anten saja nyatanya malah tower," tutur Purnadi salah satu warga.

Sementara itu, Tri Laksono salah satu warga setempat juga menyesalkan berdirinya menara tower telkomsel di lingkungannya itu. Ia khawatir jika sewaktu-waktu tower telkomsel tersebut roboh lantaran terkena sambaran petir maupun angin kencang.

"Apalagi di sekitar banyak anak kecil dan warga tang sering melintas di jalan tersebut," jelasnya.

Sementara Karno salah satu perwakilan dari yang sengaja dihadirkan oleh pihak desa, mengatakan jika yang berhak menegur adalah pihak Pemerintah Daerah. Pihaknya merasa sudah melangkah dengan sesuai prosedur aturan undang-undang yang berlaku tentang komunikasi.

"Harusnya yang memberikan teguran adalah pihak Pemerintah. Dan kemungkinan itu yang salah bukan dari kami melainkan dari PLN yang dayanya kurang tinggi," ujarnya.

Lanjut Karno, pihaknya juga menunjukkan jika ijin kepengurusannya untuk mendirikan menara tower telkomsel itu sudah melalui prosedur dan mendapatkan tanda tangan dari lingkungan sekitar. "Lha ini lho saya punya buktinya bahwa surat saya itu sah dan sesuai prosedur," tegasnya.

Namun warga bersikukuh meminta tower telkomsel dibongkar karena mereka merasa dirugikan. Warga meminta kepada Kades untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

"Kami akan melakukan musyawarah lagi. Kami berharap dari pihak telkomsel menghadirkan manajemen yang menangani kasus ini didatangkan lagi. Agar permasalahan ini segera selesai," tutur Kades Gurah Suyono. (den/rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO