Akik, Gojek dan Kue Cubit Paling Populer dan Dicari di Google, Lalu Apa Lagi?

Akik, Gojek dan Kue Cubit Paling Populer dan Dicari di Google, Lalu Apa Lagi?

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ternyata bukan peristiwa politik atau urusan presiden yang paling banyak dicari netizen Indonesia sepanjang 2015. Lalu apa?

1. Batu Akik

Kata "batu akik" dicari netizen Indonesia sejak Januari hingga Desember 2015. Pencarian mengalami peningkatan selama Februari hingga Agustus. Pencarian kata "Batu Akik di Indonesia" paling banyak dilakukan oleh warga Indonesia di kawasan Nusa Tenggara Timur, Lampung, dan Kalimantan Timur. Jenis pertanyaan yang sering diketikkan dalam kolom pencarian adalah harga batu akik, jenis batu akik, batu akik termahal, batu bacan, cara membersihkan batu akik, beli batu akik yang asli di mana, dan beli batu akik yang bersertifikat di mana.

2. Go-Jek

Pencarian kata "Go-Jek" juga terjadi sepanjang tahun. Peningkatan pencarian tampak terjadi pada awal Juni hingga Desember 2015. Google mencatat pencarian terbanyak dilakukan oleh warga Kota Jakarta. Pencarian kata "Go-Jek" banyak dilakukan berkaitan dengan cara bergabung menjadi pengemudi Go-Jek.

3. Kue Cubit

Makanan camilan khas sekolah dasar ini mendadak naik daun. Berkat penggunaan perasa green tea atau teh hijau, camilan berbahan dasar tepung ini berhasil menempati posisi ketiga sebagai kata paling dicari netizen Indonesia sepanjang 2015. Pertanyaan mengenai makanan ini terjadi sepanjang tahun dengan peningkatan pencarian sejak Januari hingga Desember. Wilayah yang banyak menanyakan kata "Kue Cubit" kepada Google adalah Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Pertanyaan yang disampaikan netizen berkenaan dengan resep kue cubit, cara membuat kue cubit, dan cetakan kue cubit.

4. Angeline

Kasus pembunuhan seorang anak perempuan bernama Angeline di Bali sempat menggemparkan media massa dan media sosial. Kasus ini ternyata juga menimbulkan rasa penasaran netizen Indonesia. Google mencatat pencarian informasi mengenai kasus Angeline banyak terjadi pada Juni hingga Oktober. Informasi mengenai hilangnya Angeline hingga informasi meninggalnya gadis ini banyak dicari oleh warga Bali, Lampung, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Pertanyaan yang kerap dicari pada mesin pencarian Google antara lain foto-foto Angeline, kasus Angeline, pembunuhan Angeline, dan jenazah Angeline.

5. Olga Syahputra

Meninggalnya komedian Olga Syahputra menjadi salah satu pertanyaan yang banyak dicari di mesin Google. Indonesia banyak bertanya pada sekitar Februari hingga Mei 2015. Pertanyaan pada mesin pencarian Google banyak dilakukan oleh warga Lampung, Yogyakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Pertanyaan yang diajukan seputar penyebab meninggalnya Olga, Olga meninggal, berita Olga, hingga foto-foto Olga.

Sumber: Tempo.co

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO