Incar Adipura Lagi, Bupati Mojokerto Lakukan Koordinasi Bersama Seluruh Jajaran

Incar Adipura Lagi, Bupati Mojokerto Lakukan Koordinasi Bersama Seluruh Jajaran

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Jelang P1 (penilaian tahap pertama) Adipura 2016 pertengahan Maret ini, Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa (MKP), menggelar rapat kerja koordinasi guna pemantapan tata kelola kebersihan sebagai salah satu kriteria dasar Adipura, Senin (29/2) kemarin.

Kabupaten Mojokerto pernah mengukirkan prestasi Adipura beberapa tahun lalu. Namun 2015 akhir kemarin, Kabupaten Mojokerto hanya mampu mendapat capaian sertifikat saja.

“Semuanya bisa kita raih, bila dibarengi kerja keras dan koordinasi matang untuk membenahi kekurangan. Kriteria tahun ini cukup ketat, namun kekurangan masih bisa kita kejar. Selayaknya jangan karena Adipura saja, namun sudah jadi hakekat kita untuk selalu merasa punya tanggung jawab menjaga lingkungan agar tetap bersih,” ujar Bupati di ruang rapat SBK.

Bupati menambahkan jika kriteria penilaian kota Adipura tidak hanya bebas sampah, tapi juga punya ruang terbuka hijau (RTH), biodiversity perkotaan, udara bersih, dan air bersih, harus seimbang dengan penguatan kepemimpinan daerah, kapasitas aparat daerah, partisipasi masyarakat dan peran dunia usaha.

Untuk Adipura 2016 ini, ada 14 cluster atau lokasi pemantauan di Mojosari yang dipastikan akan jadi titik pantau tim penilai. Antara lain cluster permukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, Rumah Sakit/Puskesmas, sarana transportasi, hutan kota, taman kota, saluran terbuka, TPA, Bank Sampah, dan fasilitas pengolahan sampah.

“Hasil penilaian rencananya bakal diserahkan ke tim teknis dan dewan penilai, kemudian naik ke dewan pengarah, sampai kepada Presiden. Jika pemantauan pertama tidak memenuhi syarat, maka akan gugur karena LSM ataupun masyarakat sangat berhak mengkritisi hasil tersebut. Saya imbau untuk koordinasi dan teamwork yang solid untuk seluruh tim,” tekannya. (yep/ros) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO