Jelang Unas, Siswa SMA NU Sumenep Gelar Istighasah

Jelang Unas, Siswa SMA NU Sumenep Gelar Istighasah Siswi SMA NU Sumenep sedang khusuk mengaji Al-quran. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 50 siswa SMA NU Sumenep menggelar istighasah di Masjid Jamik yang berhadapan dengan Taman Kota, Kamis (24/3). Hal itu dalam rangka menghadapi Ujian Nasional (Unas) tingkat SMA sederajat yang akan dilangsungkan tanggal 4 April mendatang.

Para siswa itu awalnya melakukan salat bersama. Baru dilanjutkan dengan mengaji Al-quran, tak lupa mereka juga berdzikir bersama. Tampak di wajah mereka kekhusukan mendalam.

Wakasek Kesiswaan SMA NU Sumenep, Nuurul Hidayati, memaparkan bahwa kegiatan itu dilakukan guna membekali spritualitas siswa. Katanya, dalam menghadapi Unas, siswa tidak hanya butuh bekal materi pelajaran yang akan diujikan, tapi juga spritualitas yang memadai.

“Soal spritualitas ini tidak bisa ditinggalkan, karena merupakan upaya menciptakan ketenangan perasaan siswa dalam menyambut ujian. Ketenangan bisa ada bila semua proses dipasrahkan kepada Sang Khaliq, tentu setelah usaha dilakukan,” paparnya.

Pembekalan materi pelajaran, lanjut Nuurul, sudah dilakukan sejak awal. Para siswa dijwajibkan mengikuti materi tambahan di luar jam sekolah, sehingga siswa tidak kerepotan saat menjawab soal ujian nanti. Untuk istighasah yang dilakukan itu, katanya, digelar karena memang siswa membutuhkan ketenangan perasaan setelah beberapa waktu digenjot dengan penguasaan materi pelajaran, terutama yang masuk dalam materi Unas.

“Tidak hanya di tempat barokah ini saja para siswa akan istighasah. Di rumah masing-masing, mereka juga akan melakukan hal sama,” tandasnya.

Sementara salah satu siswa, Juhairiyah, mengaku merasa senang dengan kegiatan berbau spritualitas itu. Setelah banyak dicekoki dengan banyak materi pelajaran, katanya, memang butuh waktu jeda untuk merasakan ketentraman perasaan. Dan tak lain dengan istighasah itulah ketengan itu bisa didapatkan.

“Semua orang barangkali punya kesan sama, bahwa setelah otak disibukkan dengan hal tertentu, akan terasa damai setelah melakukan aktivitas berbau spritual semacam ini,” ujarnya tersenyum.

Jumlah peserta Unas di Kabupaten Sumenep untuk tahun ini di antaranya SMA sebanyak 4.350 siswa, MA sebanyak 5.434 siswa, SMK sebanyak 1.328 siswa, dan SMALB sebanyak 3 siswa. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO