Wabup Sumenep Beri Motivasi Siswa untuk Hadapi UN

Wabup Sumenep Beri Motivasi Siswa untuk Hadapi UN Suasana saat siswa istighasah. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - H-1 Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat ini, siswa se Kecamatan Ganding mendapatkan motivasi dari Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Ahmad Fauzi, Minggu (3/4) siang. Sebelum Fauzi memberikan motivasi, ratusan siswa itu sebelumnya melakukan istighasah bersama beberapa pengasuh pondok pesantren.

Fauzi menegaskan ketenangan siswa dalam menjalani ujian sangat penting. Katanya, ujian tidak usah dianggap hal memberatkan, karena merupakan salah satu proses yang musti dihadapi.

"Belajar merupakan kunci pokok. Gunakan waktu yang sebaik mungkin," paparnya.

Selain itu, dia juga menegaskan kejujuran dalam menjalani ujian tidak boleh ditinggalkan. Meski jawaban ujian benar semua, tapi jika itu didapat dari ketidakjujuran, misal mencontek dan lainnya, sama sekali tidak bernilai. Oleh karena itu, kata Fauzi, belajar yang tekun harus menjadi kebiasaan siswa. Karena dengan begitu, ujian akan dijalani dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Belajar kelompok, lanjut Fauzi, akan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran. Karena bisa jadi, saat belajar seorang diri, siswa justru tidak memahami buka pelajaran yang dipegang. Dengan belajar kelompok itulah, diyakini akan ada salah satu siswa yang memahami materi pelajaran yang tidak dipahami siswa lain, sehingga siswa bersangkutan bisa menjelaskan materi yang dirasa sulit itu kepada siswa lainnya tersebut.

"Mari kita berdoa agar ujian kali tidak memberatkan siswa. Semoga juga ilmu yang didapat bermanfaat," tutup Fauzi.

Sementara salah satu guru, Abd. Hawi, mengaku bersyukur dengan hadirnya orang nomor dua di jajaran Pemkab Sumenep itu. Katanya, siswa merasa termotivasi dengan kehadiran wabup tersebut.

"Jelas sangat berbeda. Yang memberikan motivasi kan salah satu orang penting. Efek yang dirasakan siswa berbeda sekali jika yang memberikan motivasi orang lain," ujarnya. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO