Di Tuban, Pelayanan e-KTP Online Sudah Rambah Desa

Di Tuban, Pelayanan e-KTP Online Sudah Rambah Desa ilustrasi

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban terus berupaya mempermudah akses dan jangkauan masyarakat setempat dalam mengurus dan membuat KTP Elektronik (e-KTP).

Upaya tersebut, direalisasikan dengan memperluas jangkauan pelayanan e-KTP hingga ke daerah pedesaan melalui pelayanan e-KTP Online di Balai Desa setempat.

“Melalui pelayanan online tersebut, warga tidak perlu datang ke kecamatan ataupun kantor Disdukcapil. Tapi cukup ke balai desa untuk didata dan petugas akan mengirim data tersebut ke Dinas melalui internet,” ucap Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, Gunadi. (15/4)

Menurutnya, untuk pelayanan E-KTP online di Pedesaan memang belum bisa melakukan perekaman dan baru mampu sebatas mengirim dan mentransfer data saja. Meskipun begitu, pihak Disdukcapil akan terus melakukan pengembangan terkait hal tersebut.

Sedangkan, saat ini sedikitnya sudah terdapat 12 Desa di Kabupaten Tuban yang sudah bisa melakukan pelayanan E-KTP online. Di antaranya, Desa Banyu Urip dan Desa Rayung di Kecamatan Senori, Desa Bancar di Kecamatan Bancar, Desa Mrutuk dan Desa Patihan di Kecamatan Widang, kemudian Desa Penidon di Kecamatan Plumpang, dan Desa Penambangan di Kecamatan Semanding.

"Saat ini memang baru 12 desa yang bisa melayani e-KTP online, karena tidak semua desa siap dan mampu. Sebab pihak desa juga harus melengeluarkan biaya tambahan untuk membayar internet, serta menyediakan komputer dan alat scan," jelasnya.

Sementara itu, diharapkan, dengan adanya pelayanan e-KTP hingga ke pedesaan, masyarakat yang belum membuat e-KTP, agar segera melakukan pendataan di masing-masing balai desa yang terdapat pelayanan e-KTP online tersebut.

"Semoga yang belum dapat e-KTP segera melakukan pendataan, terutama pada desa yang sudah bisa mengakses pembuatan KTP," tutupnya. (tbn1/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO