Berdayakan Pedagang Pracangan, Dinkop UKM Sidoarjo Kampanye Belanja di Warung Tetangga

Berdayakan Pedagang Pracangan, Dinkop UKM Sidoarjo Kampanye Belanja di Warung Tetangga BERI MOTIVASI: Sosiolog Unair Bagong Suyanto saat Sosialisasi Gerakan Belanja di Warung Tetangga, di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa (31/5). foto: musta'in/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Sidoarjo melakukan beragam ikhtiar untuk memberdayakan pedagang mikro kecil atau pedagang pracangan. Salah satunya melalui Gerakan Belanja di Warung Tetangga.

Kepala Dinkop, UKM, Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Sidoarjo Dr Feny Apridawati menyatakan Gerakan Belanja di Warung Tetangga ini sebuah gerakan mengkampanyekan agar masyarakat senang belanja di warung tetangga.

Gerakan ini, kata Feny, sudah dimulai sejak tahun 2012 lalu, di antaranya dengan memberikan hibah peralatan dan bahan pracangan. "Ini sekaligus mendorong kualitas usaha pelaku pracangan sehingga warga tertarik dan mau belanja di warung pracangan tersebut," cetus Feny di sela Sosialisasi Gerakan Belanja di Warung Tetangga, di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa (31/5).

Katanya, dengan support tersebut, harapannya para pedagang pracangan di desa-desa tersebut bisa bersaing dengan toko modern yang banyak di Sidoarjo. Apalagi bakal berlakunya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). "Dalam sosialisasi tentang gerakan tersebut, juga ada dialog bagaimana menggali potensi pengembangan usaha pracangan dengan harapan agar ke depan bisa menjadi bisnis yang berkembang," beber Feny.

Senada disampaikan Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, yang menyatakan, Gerakan Belanja di Warung Tetangga merupakan salah satu upaya Pemkab Sidoarjo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Inovasi dan kreativitas para pelaku usaha juga tetap dituntut untuk aktif menjalankan usahanya. “Ini merupakan salah satu upaya kami untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat,” cetus Abah Saiful, panggilan karib H Saiful Ilah.

Dalam sosialisasi ini, hadir sebagai pembicara dalam dialog, Dr Bagong Suyanto, sosiolog Unair yang juga pengamat masalah kemiskinan dan Pedagang Kaki Lima (PKL), pelaku usaha yang juga Direktur Utama PT Kiany Realty Tiga Bersaudara Trisulowati dan Ketua DPRD Sidoarjo H Sullamul Hadi Nurmawan. Sosialisasi ini dihadiri ratusan pedagang pracangan se-Kabupaten Sidoarjo. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO