Banjir Bakal terus Menggila di Surabaya, Pemkot Didesak Bikin Waduk

Banjir Bakal terus Menggila di Surabaya, Pemkot Didesak Bikin Waduk Banjir di Surabaya

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masalah banjir di Surabaya sangat parah. Setiap kali hujan, meski tidak terlalu curah, namun hampir di setiap sudut kota pahlawan dilanda banjir. Bahkan air masuk ke rumah-rumah penduduk dan lembaga pendidikan. Ketua Komisi C DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri menjelaskan, banjir terjadi karena ketersediaan waduk tidak memadai. Waduk dan bozem yang berfungsi menahan air jumlahnya belum cukup. Akibatnya, pembuangan air tidak memadai.

"Surabaya ini butuh waduk, ini yang perlu diperhatikan Pemkot," kata dia, Kamis (2/6).

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, masalah hilir yang berfungsi sebagai pembuangan air berperan vital. Sungai-sungai di Surabaya sudah tidak mampu menerima debit air yang cukup tinggi.

Kaji Ipuk, sapaannya, menjelaskan, kualitas kontur tanah di Surabaya tidak mampu menyerap air lebih dari 10 persen. Sebab, tanahnya padat liat, terutama di kawasan Surabaya barat.

"Dari kajian Belanda dulu, yang paling tidak bisa menyerap air itu di Surabaya barat," ungkap dia.

Dia mengatakan, keberadaan rumah pompa juga belum maksimal. Meski jumlahnya mencapai 58, namun tidak semuanya berfungsi dengan baik. Apalagi saat banjir dua hari yang lalu, beberapa mesin pompa macet. Karena itu, Kaji Ipuk memandang Pemkot Surabaya belum berhasil menangani masalah banjir. Padahal, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan saat hearing dengan komisi C sudah menyatakan Surabaya siap menghadapi hujan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO