Amankan Mudik Lebaran, Polres Tuban Terjunkan 540 Personil

Amankan Mudik Lebaran, Polres Tuban Terjunkan 540 Personil Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com bakal menerjunkan 540 personil dalam pengamanan jelang mudik Lebaran Idul Fitri 2016. Rinciannya, 450 personil dari Polres, 30 personil dari Brimob Bojonegoro, 30 personil dari Dishub dan 30 lagi dari Satpol PP.

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (14/6) mengatakan, dari sekian personil rencananya akan ditempatkan di tiga titik Pos Pam. Pos itu yakni berada di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, kemudian di daerah Pantai Boom Tuban, dan di daerah Kecamatan Widang.

Selain ditempatkan di Pos Pam, sebagian personil juga akan disiagakan di pos pelayanan kesehatan di daerah Rest Area Tuban. Sedangkan, personil lainnyan ditugaskan di pos check point kendaraan motor yang ditempatkan di sekitar Jati Peteng, Kecamatan Jenu.

"Semuanya akan kami kerahkan, terutama H-7 menjelang lebaran dan H+7 setelah lebaran," ujar Fadly sapaan akrabnya.

Kapolres kelahiran Makasar ini menambahkan, untuk mengantisipasi aksi kejahatan seperti bajing loncat dan begal, pihaknya juga akan menerjunkan personil untuk ditempatkan di daerah rawan kriminal. Selain daerah rawan kriminal, jalur rawan kecelakaan lalulintas juga menjadi pantauan petugas. Sedikitnya ada 10 pos yang ditempatkan di daerah-daerah tersebut guna mengantisipasi laka lantas saat mudik lebaran.

"Ini dilakukan guna menciptakan susana yang aman dan tentram, terlebih bagi para pemudik," ujarnya.

Fadly mengimbau, bagi pemudik lebaran sebaiknya selalu hati-hati dan waspada ketika sedang bekendara. Jangan sampai main handphone saat berkendara, karena bisa membahayakan diri sendiri. Ia menyarankan agar pemudik beristirahat di pos yang sudah disediakan jika merasa lelah atau mengantuk.

"Cek kendaraan juga harus dilakukan, ini untuk menghindari permasalahan kendaraan ketika berada di perjalanan," pesannya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO