Nilai Rata-rata UN SMP di Kabupaten Blitar Turun

Nilai Rata-rata UN SMP di Kabupaten Blitar Turun

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) SMP dan sederajat pada tahun ajaran 2015/2016 menurun dibanding tahun sebelumnya. Beruntung tahun ini nilai kelulusan bukan menjadi penentu mutlak kelulusan. Karena kelulusan ditentukan oleh masing masing lembaga sekolah.

Kasi Pengendali Mutu Bidang Lanjutan, Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Blitar Suhartono mengatakan, diduga faktor UN yang saat ini tidak menjadi penentuan kelulusan tersebut justru menjadi penyebab rata-rata UN tahun ini turun. Pasalnya kebanyakan siswa jadi menyepelekan penyelenggaraan UN, karena mereke beranggapan jika kemungkinan besar sudah pasti diluluskan oleh pihak sekolah.

Akan tetapi faktor lain seperti bobot soal yang meningkat atau bertambah juga menjadi penyebab turunnya nilai rata-rata siswa SMP di kabupaten Blitar.

"Pada tahun 2015 nilai rata-rata ujian nasional SMP di Kabupaten Blitar mencapai 66,99, tapi tahun 2016 ini turun menjadi hanya 62,26, atau turun 4,73," ungkap Suhartono kepada wartawan, selasa (14/3).

Selain itu keadaan ini juga diperparah dengan persentase siswa yang mendapat nilai rendah atau nilai di bawah 55 siswa SMP di Kabupaten Blitar juga naik drastis. Yakni dari 21,55 di tahun 2015, menjadi 38,97, atau naik 17,42%.

Lanjut Suhartono meski dengan nilai tersebut semua siswa dinyatakan lulus, namun untuk mengantisipasi hal serupa terjadi lagi pada pelaksanaan UN tahun depan Dinas Pendidikan sudah mengumpulkan para kepala sekolah untuk melakukan evaluasi.

"Ya ini harus kita evaluasi, agar tahun depan tak terulang," imbuhnya. (tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO