Paripurna Pembahasan Calon Kapolri Ditunda, Tito Sowan BG dan Para Senior

Paripurna Pembahasan Calon Kapolri Ditunda, Tito Sowan BG dan Para Senior Komjen Pol Tito Karnavian

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Rapat paripurna yang sedianya membacakan surat pengajuan Komjen Pol sebagai calon dari Presiden Joko Widodo ditunda sampai Senin (20/6) depan.

Ketua DPR Ade Komaruddin menyatakan, ditundanya paripurna tersebut tak akan mengganggu rangkaian agenda fit and proper test yang akan dijalankan oleh mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

"Hanya Soal teknis. Tidak akan ganggu agenda," kata Ade di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/6).

Ade menjelaskan, rangkaian fit and proper terhadap tetap akan dimulai pada Rabu (22/6) mendatang. "Tetap. Setelah itu kunjungan ke rumah Pak Tito."

Sebelumnya, Pimpinan DPR akan melakukan rapat pimpinan terkait pembahasan pengajuan calon tunggal . Setelah itu akan diteruskan ke Komisi III agar segera dilakukan fit and proper test.

"Pimpinan DPR nanti jam 11.00 WIB kita akan mengadakan rapat pimpinan, kemudian kita maraton pukul 13.00 bamus dan jam 14.00 WIB langsung paripurna bahwa DPR telah menerima secara resmi Surat dari Presiden," ujar Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

Selanjutnya, di Paripurna akan diteruskan Komisi III dan segera menindaklanjuti untuk fit and proper test.

Selain membacakan surat yang dikirimkan oleh Presiden Jokowi terkait pencalonan sebagai calon . Paripurna sedianya juga membahas tindaklanjut dari RUU yang telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

Sementara kemarin, Calon tunggal Kepala Kepolisian RI, Komisaris Jenderal , mengatakan sudah melakukan kunjungan meminta restu kepada seniornya di Korps Bhayangkara. Kunjungan itu dilakukannya setelah dia tahu Presiden Joko Widodo memilihnya sebagai calon tunggal .

"Setelah diputuskan, saya langsung mendatangi senior," kata Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis, 16 Juni 2016. Tito enggan menyebutkan siapa saja senior yang dimaksudnya. Saat disinggung nama Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan, dia mengakuinya. "Di antaranya itu," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO