Program Beberan untuk Sukseskan KB

Program Beberan untuk Sukseskan KB Ketua TP PKK Gresik, Hj. Maria Ulfa Sambari ketika menggelar program beberan KB. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Keluarga Berencana (KB) merupakan program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk.

Program ini oleh pemerintah dimaksudkan agar keluarga sebagai unit terkecil kehidupan bangsa diharapkan bisa menerima Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS) yang berorientasi pada pertumbuhan yang seimbang.

Untuk itu, TP (Tim Penggerak) PKK Kabupaten Gresik yang merupakan mitra kerja pemerintah ikut berperan untuk mensukseskan program tersebut. Langkah ini sangat beralasan, karena PKK mempunyai anggota hingga ke desa.

"Pemerintah mempunyai program sosial, seperti sosialisasi keluarga sejahtera, program pelatihan/keterampilan bagi ibu-ibu selalu bekerjasama dengan PKK," kata ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Hj. Maria Ulfah Sambari, kemarin.

Menurut dia, ada banyak kegiatan untuk menanggulangi berbagai masalah sosial. Saat ini diyakini sangat efektif dalam sosialisasi yaitu, menggunakan permainan yang dikenal dengan beberan.

Beberan merupakan permainan mirip dengan monopoli, di mana pemainnya ada sekitar 10 orang atau lebih, salah satunya yaitu konselor atau petugas yang menguasai permasalahan.

"Contohnya yang kami peragakan beberan KB, ada satu konselor/penyuluh yang membidangi masalah KB. Permainan ini sangat efektif dalam memecahkan masalah atau solusi, karena warga langsung terlibat, jika ada masalah, saat itu juga dibahas dan diselesaikan," jelasnya.

Ditambahkan dia, beberan KB sangat efektif dalam sosialisasi. "Kami setiap tahun selalu mengadakan lomba beberan, dan kita sempat menjadi juara I beberan tingkat Provinsi," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO