Peringati Hari Gizi Nasional, Ketua TP PKK Gresik Buka Lomba Memasak Makanan Bergizi di SD Irada

Peringati Hari Gizi Nasional, Ketua TP PKK Gresik Buka Lomba Memasak Makanan Bergizi di SD Irada Ketua TP PKK Gresik, Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani, saat membuka lomba memasak makanan gizi seimbang ibu dan anak tahun 2022 di SD Irada. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK Gresik, Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani, membuka lomba memasak makanan gizi seimbang ibu dan anak di SD Irada, Selasa (25/1). Agenda tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional tahun 2022.

Ia menuturkan, berbagai upaya akan dilakukan pemerintah bersama stakeholder dalam mencegah dan menekan stunting serta obesitas di Kabupaten Gresik. Di antaranya dengan memberikan tablet penambah darah, pengecekan cacing, pendampingan di pokja 1 bersama pokja 4, dan program inovasi PKK.

"Program itu salah satunya akan ada sertifikasi pra nikah. Upaya ini merupakan pencegahan banyaknya pernikahan dini dan menurunkan angka stunting," ujarnya, Selasa (25/1).

Ia berharap, para calon pengantin yang belum cukup umur dan belum ada bekal untuk tidak melahirkan generasi yang stunting.

"Kami mengajak untuk menyiapkan generasi emas dari sekarang dengan komitmen bersama untuk membangun gizi terbaik untuk anak akan mencegah dan menurunkan kasus stunting dan obesitas di Kabupaten Gresik," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, Mukhibatul Khusnah, mengatakan bahwa kasus stunting dan obesitas Kabupaten Gresik menurut prevelansi survei, masih di bawah Jatim, yaitu 23,5 persen.

"Untuk mencegah stunting memang harus secara bersama-sama dengan stakeholder. Pencegahan harus dimulai dari remaja putrinya, dimana seorang ibu nantinya sudah menikah dan sudah mengalami masa kehamilan maka anak yang dilahirkan akan sehat dan bergizi," kata Khusnah.

Simak berita selengkapnya ...