Diguyur Hujan 5 Jam, Puskesmas Pragaan Terendam Banjir

Diguyur Hujan 5 Jam, Puskesmas Pragaan Terendam Banjir Banjir masuk ke kamar pasien Puskesmas Pragaan. foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, direndam banjir pada Minggu (2/10) sore. Itu terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut kurang lebih selama 5 jam.

Semua keluarga pasien, termasuk kerabat yang menjenguk, terlihat kebingungan, sebab banjir tidak hanya merendam halaman Puskesmas, melainkan masuk ke kamar rawat inap. Sejumlah keluarga pasien berusaha menghalau air yang dengan menggunakan sapu, tapi tidak berhasil karena air terlalu banyak.

Sementara kerabat pasien yang memarkir motor di halaman puskesmas, rela basah kuyup untuk membawa motornya ke dataran yang lebih tinggi, karena khawatir mesinnya bermasalah.

Sebenarnya, Puskesmas Pragaan terendam banjir tidak hanya terjadi hari ini. Jika turun hujan dengan intensitas tinggi, puskesmas tersebut bisa dipastikan terendam banjir. Hal itu terjadi karena saluran pembuangan air di sekitar puskesmas tidak berfungsi maksimal. Air hujan yang seharusnya mengalir ke laut, meluap dan memenuhi halaman puskesmas, lalu lambat laun tinggi dan masuk ke kamar-kamar pasien yang sedang dirawat inap.

Kerabat pasien, Muniri Ismaiel, dalam akun facebooknya menuturkan bahwa banjir meluber ke semua ruangan Puskesmas. Dia berharap pemerintah segera bertindak.

“Tolong pemerintah jangan hanya diam,” tulis dia di dinding facebooknya.

Status itu dikomentari akun Maz Udie. Katanya, drainase tidak berfungsi. Sehingga saat turun hujan lebat, lokasi itu sangat mudah terendam banjir.

Hingga berita ini diturunkan, tidak keterangan dari pihak berwenang. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO