Jumlah Peserta di Cabor Renang Porkab IV Tuban Meningkat 200 Persen

Jumlah Peserta di Cabor Renang Porkab IV Tuban Meningkat 200 Persen Para atlet renang saat bertanding di kolam renang Bektiharjo, Semanding.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Jumlah peserta Cabang Olahraga (Cabor) renang di ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban IV meningkat. Data yang dihimpun di tempat pertandingan kolam renang wisata Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Kamis (13/10) menyebutkan, saat ini yang ikut cabor renang mencapai 186 atlet.

"Betul ini ada peningkatan sekitar 200 persen dibandingkan acara porkab sebelumnya," kata Ketua Umum KONI Tuban, Mirza Ali Manysyur kepada BANGSAONLINE seusai membuka acara peratandingan.

Ia menuturkan, peningkatan jumlah atlet ini merupakan hasil kerja sama yang baik antara pengurus KONI dengan pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) maupun Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Tuban. Sedangkan, jumlah 186 atlet tersebut berasal dari 63 lembaga pendidikan yang terlibat dalam Porkab IV 2016.

“Alhamdulillah ada peningkatan 200 persen, ini membuktikan bahwa cabor renang di Tuban telah diminati masyarakat,” cetus pengurus Ansor Tuban ini.

Ia merinci, dari total 186 atlet di antaranya 122 atlet renang putra, dan 64 atlet putri. Jumlah sebanyak itu KONI berharap minimal 50 persen atlet tersebut mampu menjadi profesional. Selanjutnya, pada 2019 akan dikirim dalam kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Dikonfirmasi terpisah, Ketua PRSI, Siswoyo mengungkapkan, akan berupaya semakismal mungkin memajukan cabor renang di Kabupaten Tuban. Ia optimis 3 tahun mendatang para atlet yang berlaga dalam Porkab ini akan lebih profesional.

“Kami yakin para atlet bumi wali nantinya mampu bersaing, baik level regional maupun nasional,” harap guru SD Pereunggahan, Kecamatan Semanding itu.

Sekedar diketahui, dalam Cabor renang kali ini ada lima kelas yang diperlombakan. Di antaranya, renang 50 meter gaya bebas, kupu-kupu, punggung, dan dada untuk atlet putra dan putri. Sedangkan, kelas lain yakni 100 meter gaya bebas dan dada untuk putra dan putri sekaligus melombakan kelas estafet. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO